Jawa Pos

Bujet Promosi Dua Kali Lipat

Supaya Si Doel Box Office

-

JAKARTA – Menjelang penayangan­nya di bioskop pada 2 Agustus mendatang, Si Doel the Movie dua kali menggelar gala premiere. Besar-besaran. Di Belanda dan Indonesia.

Pada 23 Juli lalu, film yang disutradar­ai Rano Karno itu dirilis di Belanda. Filmnya untuk kali pertama diputar di bioskop Pathe Tuschinski, Amsterdam. Rano mengungkap­kan, bioskop full ketika Si Doel diputar. Para pemain terbang ke Negeri Kincir Angin untuk menemui penggemar mereka di sana.

Sekitar 1.800 orang, separo orang Indonesia dan separo orang Belanda, memenuhi area luar bioskop. Karena keterbatas­an tempat, hanya ada 750 undangan yang bisa nonton. Fans berebutan mengambil foto para pemain. ’’Mereka (fans Si Doel) heboh menyapa pemain begitu kami turun dari limosin ke karpet merah,’’ ungkap Rano saat ditemui Minggu sore (29/7).

Di Jakarta, premier digelar dua hari berturut-turut. Yakni, pada Sabtu dan Minggu kemarin di Epicentrum XXI. Suasana gala premiere tak ubahnya seperti festival budaya Betawi. Ondelondel, stan kuliner khas Betawi, pertunjuka­n kesenian tradisiona­l, dan orang-orang berkostum adat Betawi memeriahka­n venue yang dihadiri sekitar 8 ribu orang itu.

Produser Falcon Pictures Frederica mengungkap­kan, bujet promosi Si Doel lebih besar daripada bujet produksiny­a. ’’Dua kali biaya produksi besarnya,’’ katanya. Namun, Erica –sapaan akrabnya– enggan memberitah­ukan detail nominalnya.

Untuk gala premiere di Belanda, pihak Falcon Pictures dan Karnos Films mengandalk­an koneksi dan EO lokal. Dibutuhkan waktu dua bulan untuk persiapan. Sementara itu, di Jakarta, Erica ingin memberikan hype yang tak kalah seru. Karena Si Doel identik dengan budaya Betawi, konsep festival budaya Betawi pun dipilih. Bahkan, pada hari kedua gala premiere, ada parade motor gede (moge) dan oplet.

Si Doel mendapatka­n dua penghargaa­n dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri). Yakni, film Indonesia pertama yang tayang perdana di Belanda dan film Indonesia pertama yang tayang perdana dua hari berturut-turut. Menurut Jaya Suprana, pendiri Muri, dua penghargaa­n tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi pada film Indonesia yang mulai berkembang.

Promosi belum selesai. Rencananya, cast dan tim mengunjung­i lebih dari sepuluh kota di Indonesia untuk nobar serta meet & greet. ’’Pokoknya, selama sebulan promosi habis-habisan supaya Si Doel bisa box office,” ucap Rano, optimistis.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? PASUKAN MOGE: Suti Karno (depan, kanan) dan Mandra mengangkat piagam penghargaa­n dari Muri untuk Si Doel the Movie pada Minggu (29/7).
IMAM HUSEIN/JAWA POS PASUKAN MOGE: Suti Karno (depan, kanan) dan Mandra mengangkat piagam penghargaa­n dari Muri untuk Si Doel the Movie pada Minggu (29/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia