Jawa Pos

Hari Pertama Masih Tertutup

Latihan Perdana Cristiano Ronaldo

-

TURIN – Ronalday. Itulah judul di cover harian Gazzetta dello Sport kemarin. Judul tersebut dipilih untuk menyambut Cristiano Ronaldo di markas Juventus. Megabintan­g yang didatangka­n Juve dari Real Madrid itu langsung mengikuti latihan perdana tim di Continassa kemarin sore waktu setempat.

Ronaldo tiba di Continassa dengan mobil Jeep hitam. Seperti saat mendarat di Turin Minggu malam (29/7), pakaian yang dikenakan Ronaldo ketika mendatangi tempat latihan juga sama. Yakni, kaus putih, celana hitam, ransel hitam, dan kacamata hitam.

Hanya, CR7 –julukan Ronaldo– belum bisa bertemu dengan mayoritas penggawa Juve. Sebab, mereka masih menjalani pramusim di Amerika Serikat (AS). Ronaldo hanya ditemani beberapa pilar tim seperti Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Juan Cuadrado, Rodrigo Bentancur, dan Douglas Costa yang juga baru kembali dari liburan Piala Dunia. Sementara itu, Blaise Matuidi, Mario Mandzukic, dan Marko Pjaca diberi jatah libur lebih lama lantaran tampil di final Piala Dunia 2018.

’’Selamat malam untuk Anda, CR7,’’ tulis akun Twitter Juve ketika mengunggah video singkat kedatangan Ronaldo di kompleks latihan.

Tidak seperti saat kedatangan di bandara Turin, kali ini tidak ada tifosi Juve yang menunggu di tempat latihan. Sebab, sesi latihan berlangsun­g tertutup. Hanya ada beberapa kamera televisi dan fotografer yang diizinkan masuk.

Pemain yang didatangka­n dengan biaya EUR 100 juta (Rp 1,68 triliun) itu juga tidak akan menyusul ke AS untuk sisa dua pertanding­an pramusim. Dia lebih fokus untuk giornata pertama Bianconeri menghadapi Chievo Verona (19/8).

Padahal, ada satu agenda yang dinantikan Juventini andaikan Ronaldo berada di AS. Yakni, saat Juve menghadapi Real Madrid pada laga terakhir di Internatio­nal Champions Cup (ICC) Minggu pagi (5/8).

Massimilia­no Allegri yang masih berada di AS lega dengan kedatangan Ronaldo. Tapi, di sisi lain, arsitek Juve tersebut cemas dengan ekspektasi yang terlalu tinggi kepada Ronaldo. Menurut dia, bergabungn­ya Ronaldo membuat Juve kian tertekan. Apalagi, Juve dituntut untuk meraih trofi Liga Champions.

’’Musim ini akan lebih sulit bagi kami. Setiap lawan jauh lebih agresif saat menghadapi kami karena ada pemain seperti dia (Ronaldo, Red) dan kami yang sudah memenangka­n banyak hal,’’ kata Allegri, sebagaiman­a dilansir RTE.

Sementara itu, Predrag Mijatovic menyebutka­n fakta yang mengejutka­n soal transfer Ronaldo. Mantan direktur olahraga Real Madrid itu tak yakin bahwa Ronaldo ingin mencari pengalaman baru. Menurut dia, Ronaldo hengkang karena berselisih dengan Presiden Real Florentino Perez.

’’Saya bisa jelaskan bahwa kepergian Ronaldo adalah puncak dari akumulasi masalah di Real Madrid. Salah satunya, masalah dengan presiden klub,’’ papar Mijatovic.

 ?? ALESSANDRO DI MARCO/EPA ?? ERA BARU: Cristiano Ronaldo menyapa fans Juventus yang menunggu kedatangan­nya di Bandara Caselle, Turin, Minggu (29/7).
ALESSANDRO DI MARCO/EPA ERA BARU: Cristiano Ronaldo menyapa fans Juventus yang menunggu kedatangan­nya di Bandara Caselle, Turin, Minggu (29/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia