Jawa Pos

Tidak Terima Disebut ’’Wingman”

-

DI BALIK kukuhnya Lewis Hamilton di puncak klasemen pembalap, jangan lupakan peran Valtteri Bottas. Pembalap kedua Mercedes itu mendapat perintah tidak menyalip Hamilton di Hockenheim­ring dua pekan lalu. Pada GP Hungaria (29/7), Mercedes memberlaku­kan strategi pit stop yang membuat Bottas tak berdaya menghadapi ancaman Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, dan bahkan Daniel Ricciardo.

Bottas diminta pit pada lap ke-16 untuk merespons pit stop yang dilakukan Raikkonen satu lap sebelumnya. Di akhir balapan, ketika ban Bottas sudah berumur 45 lap, dia harus menghadapi Vettel yang memasang ultrasoft dengan umur 13 lap. Pada lap ke-65, sayap depan mobil Bottas rusak setelah menyenggol ban kiri belakang Vettel.

Empat lap kemudian, dengan sayap depan rusak, Bottas mendapat serangan dari Ricciardo. Bottas gagal mengendali­kan mobilnya dan menghajar sisi kanan RB14 yang ditunggang­i Ricciardo. Beruntung, keduanya berhasil menyelesai­kan balapan. Ricciardo finis keempat, Bottas kelima.

Setelah balapan, bos Mercedes Toto Wolff menyebut Bottas sebagai ’’pembalap sayap” alias ’’wingman” di Mercedes. Bottas pun geram. ’’Soal ’wingman,’ tentu saja menyakitka­n. Kami harus bicara setelah ini,’’ ujarnya.

Wolff langsung mengklarif­ikasi pernyataan­nya. Menurut dia, pernyataan tentang ’’wingman’’ itu disalahpah­ami media. ’’Inilah mengapa hal yang tidak didiskusik­an dengan tatap muka bisa disalahart­ikan. Maksud saya, di balapan hari ini (29/7), dengan start dari posisi kedua, Valtteri menjadi pembalap sayap yang sempurna,’’ katanya.

Bottas diganjar penalti 10 detik akibat tabrakan dengan Ricciardo. Tapi, keputusan itu tidak mengubah hasil lomba yang menempatka­nnya di urutan kelima.

 ?? FOTO: JUN QIAN - GRAFIS: ANDREW/JAWA POS ?? Di GP Jerman mobil Vettel terseret keluar lintasan dan menabrak pembatas. Saat itu lintasan basah dan dia bertahan dengan ban kering. Pada GP Jerman Vettel sejatinya berpeluang juara. Sementara itu, Lewis Hamilton harus start dari posisi ke-14. Vettel...
FOTO: JUN QIAN - GRAFIS: ANDREW/JAWA POS Di GP Jerman mobil Vettel terseret keluar lintasan dan menabrak pembatas. Saat itu lintasan basah dan dia bertahan dengan ban kering. Pada GP Jerman Vettel sejatinya berpeluang juara. Sementara itu, Lewis Hamilton harus start dari posisi ke-14. Vettel...
 ?? ZOLTAN BALOGH/EPA-EFE ?? HARMONIS: Valtteri Bottas (dua dari kiri) merayakan kemenangan Lewis Hamilton di GP Hungaria bersama kru Mercedes (29/7).
ZOLTAN BALOGH/EPA-EFE HARMONIS: Valtteri Bottas (dua dari kiri) merayakan kemenangan Lewis Hamilton di GP Hungaria bersama kru Mercedes (29/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia