Jawa Pos

Awal dari Jalan Panjang Lahirkan The Next Obama

Sekolah I PROMISE, Mimpi LeBron James yang Terwujud

-

LeBron James sudah mendapatka­n semuanya di pentas NBA. Namun, dia mengaku baru merasakan momen terindah sepanjang hidup saat meresmikan sekolah di kampung halamannya.

SEKOLAH itu bernama I PROMISE. Sesuai namanya, sekolah itu memang perwujudan dari janji LeBron. Bekerja sama dengan Akron Public School, LeBron mendedikas­ikan sekolah tersebut untuk anak-anak kurang mampu di kampung halamannya di Akron, Ohio, AS.

”Saya melewati jalan yang sama dengan mereka,” ucap LeBron dalam video yang dirilis di Uninterrup­ted kemarin (30/7). ”Ada emosi yang sama. Saya tahu semua yang mereka lihat. Senjata, obat-obatan, baik, buruk, dan kesengsara­an,” tambah bintang baru Los Angeles Lakers tersebut.

Pengalaman pahit semasa kecil tersebut sangat membekas di benak LeBron. Karena itu, dia tidak ingin anak-anak yang lain merasakan hal yang sama. 33 tahun lalu, LeBron lahir dari perempuan 16 tahun bernama Gloria Marie James. Sang ayah, Anthony McClelland, adalah mantan narapidana.

Gloria seorang diri banting tulang membesarka­n LeBron. Berpindah- pindah apartemen sambil terus mencari sebuah pekerjaan untuk merawat sang anak. Itu jugalah yang membuat LeBron sampai saat ini menggunaka­n nama belakang sang ibu.

Untung, LeBron mendapatka­n orang tua asuh. Yakni, keluarga Frank Walker. Dia adalah pelatih American football. Keluarga Walkerlah yang kali pertama memperkena­lkan LeBron dengan basket saat berusia sembilan tahun.

”Ini adalah mimpi besar dari seorang anak kulit berwarna dari Akron yang pernah 83 hari meninggalk­an sekolah di kelas empat. Mimpi besar untuk anak-anak Akron. Kami akan berikan apa pun untuk mereka menemukan passion,” tulis LeBron di Twitter.

Pada tahun pertama, sekolah I PROMISE menerima murid kelas tiga dan empat. Mereka yang menjadi murid di sekolah itu telah melewati seleksi ketat dari LeBron James Foundation.

Sekolah tersebut akan menjalanka­n rutinitas belajar lengkap untuk siswa kelas satu sampai delapan. Setelah lulus, mereka disalurkan ke University of Akron.

LeBron James Foundation menargetka­n keterlibat­an lebih dari 1.200 anak pada 2029. ”Saat saya berada di posisi seperti ini, kenapa tidak untuk terus melakukan halhal besar? Kamu bisa membantu mewujudkan the next Barack Obama, Michelle Obama. The next Jay-Z atau the next LeBron James,” kata LeBron.

 ?? ESPN ??
ESPN
 ??  ?? MISI SOSIAL: Sekolah I PROMISE di Akron, Ohio, AS, resmi beroperasi mulai kemarin (30/7). Foto kanan, aktivitas LeBron James bersama yayasan miliknya.
MISI SOSIAL: Sekolah I PROMISE di Akron, Ohio, AS, resmi beroperasi mulai kemarin (30/7). Foto kanan, aktivitas LeBron James bersama yayasan miliknya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia