Jawa Pos

Jangan Main HP di Jalan

-

SURABAYA – Karena kasus penjambret­an marak akhir-akhir ini, Kanitbinma­s Polsek Dukuh Pakis Ipda Ufiana berkelilin­g ke berbagai sekolah dan memberikan pengarahan tentang hal-hal yang bisa meminimalk­an risiko menjadi korban. Kemarin (30/7), di hadapan sekurang-kurangnya 540 siswa SMA GIKI 1 Surabaya, dia memberi contoh cara mengenakan tas agar tidak mudah ditarik penjahat.

”Talinya diselempan­gkan, lalu tasnya taruh di depan,” katanya sambil menggerakk­an tangan seolah-olah sedang memasang tas. Pilih tas yang kira-kira tidak mudah untuk ditarik penjambret. Dia juga meminta siswa tidak memainkan HP selama mengendara­i sepeda motor. Main HP di jalan sama saja dengan mengundang penjahat untuk merebut telepon genggam tersebut.

Menurut Ufiana, belakangan ini pihaknya menerima laporan kasus penjambret­an tiga hingga empat kali sehari. Mayoritas yang menjadi korban adalah perempuan. Dia juga menyaranka­n agar para siswa tidak mengenakan perhiasan berlebihan. ”Itu dapat mengundang kejahatan,” tuturnya.

Selain menyosiali­sasikan bahaya penjambret­an, Ufiana meminta siswa tidak merokok. Sebab, kebiasaan merokok merupakan awal dari dunia narkoba. ”Jangan sekali-kali ada yang berani merokok, batangan atau elektrik. Itu sangat berbahaya,” tegasnya. ”Apalagi mendekati dan mencoba yang namanya narkoba. Masa depan kalian akan hancur berantakan, bahkan berkeping-keping,” tambah Ufiana.

Kepala SMA GIKI 1 Surabaya H Lilik Kurmiatin berterima kasih atas inisiatif Unit Binmas Polsek Dukuh Pakis yang intens memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para siswanya. Dia merasa terbantu. Mendidik generasi muda memang tidak bisa jalan sendiri. Harus ada campur tangan dan kerja sama dengan aparat.

Siswa-siswi tampak antusias mengikuti kegiatan yang diadakan seusai upacara pagi itu. Terlihat dari berbagai pertanyaan yang terlontar saat sesi tanya jawab. Begitu pun para guru. Banyak yang bertanya mengenai langkah dan pencegahan dini agar generasi tidak terjebak dalam dunia hitam.

 ?? HISYAM/JAWA POS ?? SELALU WASPADA: Kanitbinma­s Polsek Dukuh Pakis Ipda Ufiana memberikan tip agar siswa tidak menjadi sasaran jambret di halaman SMA GIKI 1 kemarin.
HISYAM/JAWA POS SELALU WASPADA: Kanitbinma­s Polsek Dukuh Pakis Ipda Ufiana memberikan tip agar siswa tidak menjadi sasaran jambret di halaman SMA GIKI 1 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia