Jawa Pos

Raih Beasiswa ke California

-

SURABAYA – Laurentius Ardie Martono adalah satu di antara empat siswa dari Surabaya yang meraih beasiswa Rotary Youth Exchange. Bocah yang duduk di bangku kelas XII matematika IPA 1 SMA Margie Surabaya tersebut terpilih untuk mengikuti exchange selama setahun ke Santa Rosa, California, Amerika Serikat. Dia berangkat pada 11 Agustus mendatang.

Seharusnya, Ardie duduk di bangku kelas XII di SMA Margie per Juli ini. Tapi, dia mengaku baru resmi menjadi murid kelas XII di sekolahnya yang baru nanti, Santa Rosa High School. ’’Karena saya juga cuti setahun dari sekolah. Gak papa telat setahun. Kayak ketapel, ditarik mundur sebentar terus melesat jauh,’’ paparnya.

Kepala SMA Margie Wiwik Andawati bingung saat Ardie akan berangkat jauh dan meninggalk­an sekolahnya. ’’Saya bingung, kalau Ardie pergi, siapa nanti gantinya. Karena dia ini sangat berprestas­i dan multitalen­ta,’’ ungkapnya kemarin.

Dipuji seperti itu, Ardie hanya tertawa-tawa malu. Ya, bocah kelahiran 28 September 2001 tersebut mengaku sangat siap berangkat ke Negeri Paman Sam. Dia bercerita akan membawa banyak batik ke sana. ’’Ada sekitar 60. Itu terdiri dari scarf, kain jarit batik, dan pin garuda,’’ jelasnya.

Semua itu akan dibagikan kepada teman-teman, guru, sampai keluarga angkatnya di sana. Tujuannya sudah pasti mengenalka­n karya Indonesia yang sangat legendaris tersebut. Bukan hanya itu, dia juga mengaku akan sering-sering memakai batik di sana. Alumnus SMP Margie Surabaya tersebut mengaku membawa lima batik Indonesia dengan berbagai desain khas daerah-daerah.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? PINTAR: Laurentius Ardie Martono saat ditemui di SMA Margie Surabaya kemarin. Dia berangkat ke AS pada 11 Agustus.
MARIYAMA DINA/JAWA POS PINTAR: Laurentius Ardie Martono saat ditemui di SMA Margie Surabaya kemarin. Dia berangkat ke AS pada 11 Agustus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia