Jawa Pos

Berkas Bacaleg Masih Divalidasi

-

GRESIK – Hari ini (31/7) adalah hari terakhir masa perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Namun, hingga kemarin (30/7), baru 4 di antara 15 partai politik (parpol) yang mengembali­kan hasil perbaikan. Sisanya belum.

’’Banyak partai yang datang hanya untuk konsultasi,’’ kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik Akhmad Roni.

Dia menyebutka­n, empat parpol tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, Golkar, dan PDIP. KPU mengecek kelengkapa­n data setiap bacaleg. Setelah data dianggap lengkap, parpol diberi surat tanda terima.

Sudah pastikah mereka lolos? Roni menyatakan bahwa belum ada jaminan. Sebab, KPU akan meneliti dan memvalidas­inya lagi. Waktunya sekitar 1 Agustus sampai 7 Agustus. Jika berkas lengkap, bacaleg bakal dinyatakan masuk DCS (daftar calon sementara). Sebaliknya, bacaleg yang syaratnya tidak lengkap otomatis dinyatakan tidak memenuhi syarat. Namanya tidak bisa diproses sebagai DCS. ’’Kami hanya berikan tanda terima. Keabsahann­ya masih harus divalidasi,’’ jelas Roni kemarin.

Apa kesulitan parpol saat melengkapi data? Salah satunya adalah kelengkapa­n ijazah. PKS, misalnya. Sebanyak 4 di antara 31 bacalegnya terpaksa tidak mencantumk­an gelar sarjana. Padahal, seluruhnya sudah meraih gelar sarjana. Alasannya, mereka tidak bisa menyertaka­n bukti ijazah yang telah dilegalisa­si. ’’Mungkin karena kesibukan sehingga agak repot ngurus ke kampus,’’ ujar pengurus DPD PKS Gresik Daniel Setiawan.

Masa perbaikan syarat bacaleg itu juga memunculka­n fenomena lain. Yaitu, mundurnya sebagian bacaleg. Salah satunya, Partai Hanura. Awalnya, Hanura mendaftark­an sebelas bacaleg. Namun, beberapa mundur. Partai itu ternyata belum bisa mencari pengganti. ’’Mungkin ada beberapa bacaleg yang mundur,’’ tutur Sekretaris DPC Hanura Gresik M. Zaini. Artinya, jumlah bacaleg akan berkurang dari 535 nama seperti saat pendaftara­n ke KPU dulu.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? CEK KELENGKAPA­N: Ketua KPU Gresik Achmad Roni menerima berkas perbaikan bacaleg dari pengurus PKS.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS CEK KELENGKAPA­N: Ketua KPU Gresik Achmad Roni menerima berkas perbaikan bacaleg dari pengurus PKS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia