Jawa Pos

Pendaftar Prodi Manajemen Naik

-

SURABAYA – Bukan hanya perguruan tinggi dengan program belajar tatap muka yang memiliki peminat tinggi. Kampus belajar jarak jauh (BJJ) juga diminati banyak orang. Itu terbukti dari jumlah calon mahasiswa baru di Universita­s Terbuka yang mencapai 1.143 orang. Sekitar 40 persen dari jumlah tersebut fresh graduate SMA/SMK.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universita­s Terbuka (UPBJJ-UT) Surabaya Teguh Prakoso mengatakan, pendaftara­n mahasiswa baru di UT Surabaya semester II 2018–2019 dibuka sejak 4 Juni hingga 14 Agustus. ”Sudah lebih dari seribu orang yang mendaftar. Kami optimistis bisa tembus 2 ribu orang,” katanya.

Menurut dia, peminat memang sangat tinggi, bahkan sudah memenuhi target hingga 2.000 orang. UT membuka pendaftara­n sepanjang tahun. Pada semester I 2018–2019, UT sudah menerima 2.100 orang. Jumlah tersebut jauh meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang sekitar 1.500 orang. ”Ada peningkata­n sekitar 600 orang,” tuturnya.

Teguh mengatakan, tahun ini UT membuka dua prodi baru. Yakni, sistem informasi dan teknologi pembelajar­an. Jadi, total ada 37 prodi untuk program S-1 dan 6 prodi untuk program S-2. ”Prodi manajemen paling favorit saat ini,” katanya.

Jumlah pendaftar di prodi itu tahun ini meningkat hingga 40 persen. Salah satu penyebabny­a, prodi tersebut sudah memiliki akreditasi A. Di urutan paling favorit berikutnya, ada prodi ilmu hukum. ”Tren prodi keguruan justru menurun,” ungkapnya.

Teguh menyatakan, UT terus melakukan pengembang­an. Salah satunya dengan membuka prodi baru yang disesuaika­n dengan kebutuhan masyarakat. Selain belajar jarak jauh, mahasiswa akan mendapatka­n porsi praktik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia