Jawa Pos

Didik Karakter, Gandeng Tentara

-

SURABAYA – SMKN 2 mengganden­g TNI-AL dalam memberikan pendidikan karakter kepada siswanya. Penanaman pendidikan itu dilakukan di Balai Prajurit Lantamal V kemarin (30/7).

Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin menyatakan, pendidikan karakter merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Menurut dia, ada 18 karakter bangsa yang penting untuk ditanamkan kepada siswa. Mulai kerja keras, kreatif, mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, hingga menghargai prestasi, peduli sosial, serta tanggung jawab.

’’Kecerdasan emosional menjadi bekal penting menghadapi masa depan,’’ ujarnya. Menurut dia, pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa. Pintar saja, tapi karakterny­a tidak terbentuk, akan mudah goyah.

Hal itu juga yang disampaika­n Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk Surabaya Sukaryanth­o. Dia mengatakan, penanaman pendidikan karakter itu merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antarinsti­tusi terhadap generasi muda. Apalagi, Pemprov Jatim bersinergi dengan TNI-AL. ’’Ini kerja sama riil, seimbang pendidikan formal dan nonformal. Harapannya bisa memberikan kompetensi yang baik kepada para siswa,’’ katanya.

Kegiatan yang dilaksanak­an selama sepekan hingga 4 Agus- tus itu diikuti 837 siswa kelas X SMKN 2. Mereka terbagi atas dua gelombang.

Kepala SMKN 2 Djoko Pratmodjo menyebut pembekalan karakter untuk peserta didik penting dilakukan. Apalagi, SMKN 2 bercita-cita untuk melakukan revitalisa­si dan mendunia. ’’Jadi, kita tanamkan kedisiplin­an supaya mereka juga bangga menjadi siswa SMK,’’ jelasnya.

Beragam kegiatan dilaksanak­an. Pjs Kadis Potensi Maritim Lantamal V Letkol Laut Pelaut Roni Sutadi menambahka­n, beberapa materi yang disampaika­n adalah wawasan Nusantara, nasionalis­me, kepramukaa­n, Pancasila, serta pengetahua­n maritim.

 ?? PUJI TYASARI/JAWA POS ?? PEMBEKALAN: Siswa SMKN 2 mengikuti pendidikan karakter yang dilatih TNI-AL.
PUJI TYASARI/JAWA POS PEMBEKALAN: Siswa SMKN 2 mengikuti pendidikan karakter yang dilatih TNI-AL.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia