Jawa Pos

E-Library Tingkatkan Minat Literasi

-

SURABAYA – Upaya menanamkan melek literasi pada kalangan akademisi terus dilakukan. Salah satunya yang dilakukan Rotary Club Surabaya Darmo kemarin (30/7). Mereka mengganden­g Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur untuk memberikan fasilitas penunjang perpustaka­an kepada sepuluh SMA/SMK di Surabaya.

Sepuluh sekolah penerima Global Grant Rotary itu adalah SMAN1,2,5,10,11,14,17,20,SMA Al Furqon, dan SMKN 12. Seluruh sekolah tersebut menerima bantuan dalam bidang literasi. Baik secara fisik maupun perangkat lunak. ”Kami buatkan sistem berbentuk e-library untuk memudahkan mencari buku atau jurnal yang diinginkan,” ujar Gubernur Distrik 3420 Rotary Hermanto Angka.

Untuk bantuan fisik, lembaga nirlaba tersebut memberikan fasilitas sofa, rak buku, dan beberapa perangkat komputer. Bukan hanya itu, sejumlah bantuan berupa pelatihan soft skill turut diberikan. ”Kami adakan pelatihan menulis untuk guru dan siswa. Juga pelatihan debat dan public speaking,” imbuhnya.

Program tersebut akan diadakan selama beberapa bulan. Di akhir pelatihan, akan diadakan lomba untuk tiap-tiap kategori pelatihan. Gunanya adalah mengukur sejauh mana manfaat yang diterima para peserta. Khusus untuk pelatihan menulis, tiap sekolah akan diwajibkan menerbitka­n satu buku. ”Jadi, ada sepuluh buku yang ditulis anak-anak SMA/ SMK ini,” pungkas Hermanto.

Kepala Dispendik Jatim Saiful Rachman mengapresi­asi bantuan tersebut. Menurut dia, sejak mendapat kewenangan mengurus jenjang sekolah SMA/ SMK, banyak PR yang harus dituntaska­n.Termasuk membangun budaya literasi. ”Meski dana kami jumlahnya mencapai Rp 10,3 triliun, terasa kurang untuk bidang pendidikan,” ujar Saiful.

Selain di Surabaya, Kadispendi­k Jatim meminta Rotary memperluas jangkauan aksinya. Terutama untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

 ?? AHMAD DIDIN/JAWA POS ?? JAGA BAIK-BAIK: Gubernur Distrik 3420 Rotary Club Hermanto Angka (kanan) memberikan bantuan fasilitas perpustaka­an kepada sepuluh kepala SMA/SMK kemarin.
AHMAD DIDIN/JAWA POS JAGA BAIK-BAIK: Gubernur Distrik 3420 Rotary Club Hermanto Angka (kanan) memberikan bantuan fasilitas perpustaka­an kepada sepuluh kepala SMA/SMK kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia