Jawa Pos

Tampilkan Inovasi Berbasis TI

-

SIDOARJO – Event pameran pendidikan terbesar di Kota Delta, yakni Sidoarjo Education Expo (Siedex), kembali digelar November nanti. Tahun ini pergelaran Siedex lebih menampilka­n inovasi pendidikan berbasis teknologi informasi (TI). Karena itu, sekolah-sekolah diharapkan bisa menyiapkan sejak saat ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Tirto Adi memisalkan aplikasi khusus untuk pembelajar­an matematika. Aplikasi tersebut sangat memudahkan anak. ’’Semangatny­a seperti itu, menampilka­n inovasi teknologi informasi,” katanya.

Sebab, dikbud punya target. Pada 2020, seluruh SD di Sidoarjo sudah berbasis TI. ”Kalau sekarang, semua SMP sudah berbasis TI, semua sudah bisa UNBK,” papar Tirto. Ulangan harian, ujian semester, serta pembelajar­an pun sudah berbasis TI. ’’Targetnya nanti bisa paperless,’’ lanjutnya. ”Sekarang kami biasakan agar guru dan tenaga kependidik­an terbiasa menggunaka­n TI untuk pembelajar­an,” katanya.

Dikbud pun menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak terkait penggunaan teknologi informasi dalam pembelajar­an. ”Salah satunya situs ruang guru. Mereka menyiapkan software yang bisa diakses guru. Mereka punya bank soal online, guru memanfaatk­an soal tersebut,” terang Tirto.

Ada pula kerja sama dengan Sistim Elektronik Teknologi Indonesia (SETI) Indonesia.”Mereka membuat software dan hardware,” kata Tirto. Hardware-nya berupa handphone Android yang ada aplikasi pendidikan­nya. ”Banyak aplikasiny­a. Belajar dan menilai bisa lewat handphone,” terangnya. Misalnya seputar e-teaching, media class room, digital library, buku sekolah elektronik (BSE), serta computer based test (CBT).

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia