Jawa Pos

Gununganya­r Siap Jadi Ikon Wisata

-

TUBAN – Pengecatan 100 rumah warga Desa Gununganya­r, Kecamatan Soko, Tuban, dalam Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2018 (FWKKP) tuntas dikerjakan seribu Pramuka penegak dari Tuban dan Bojonegoro pada Minggu (29/7). Selain memperinda­h rumah warga dengan cat warna-warni, peserta FWKKP Zona Tuban membersihk­an selokan, drainase, musala, kantor desa, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Sejumlah dinding drainase desa juga diperindah dengan mural dan graffiti yang dibuat para profesiona­l. Jadi, siapa pun yang datang di kawasan wisata masa depan tersebut tidak hanya bisa selfie dengan latar belakang tembok rumah yang warna-warni, namun juga berburu foto di tepi jalan hingga masuk ke lokasi wisata Sendang Ngerong.

Kabag Bina Muda Kwarda Jawa Timur Tatik Irawati mengatakan, bakti Pramuka tersebut diharapkan bisa meninggalk­an jejak manis bagi masyarakat Desa Gununganya­r. Dia berharap nama desa tersebut bisa terangkat dan menjadi destinasi wisata. Terlebih, di lokasi tersebut tersedia sendang alam. ”Semoga yang kami lakukan bermanfaat untuk masyarakat,” harap dia.

Wakil Ketua Kwarda Jatim AR Purmadi dalam sambutan penutupan kegiatan memberikan apresiasi untuk seribu Pramuka yang terlibat, termasuk para pembina dan panitia. ”Lancarnya kegiatan juga tak lepas dari kerja sama antarpihak, mulai kwarcab, kwaran, dan pemerintah desa setempat. Kami mengucapka­n terima kasih sebesarbes­arnya,” ujarnya.

Pada puncak acara, diumumkan pemenang lomba kecerdasan zona 8 yang akan melaju ke babak grand final tingkat Jawa Timur. Kategori putra diwakili Moh. Lu’Abidin, anggota Kwarcab Tuban (DKR Soko) dan Nizar Ramadhi, anggota Kwarcab Tuban (DKR Bangilan). Kategori putri diwakili Rifky Adnelia, anggota Kwarcab Bojonegoro (SMAN 4 Bojonegoro) dan Elok Novitarini, anggota Kwarcab Tuban (SMAN 1 Plumpang).

FWKKP 2018 masih menyisakan pelaksanaa­n di tiga zona lagi di antara total 11 zona. Yakni, Jember (30 Juli–2 Agustus), Lamongan (4–7 Agustus), serta Pasuruan (7–10 Agustus). Grand final akan dilangsung­kan di Kota Batu pada 27–29 Agustus 2018.

 ?? PRAMUKA KWARDA JATIM FOR JAWA POS ?? CANTIK DAN BERSIH: Seribu Pramuka penegak dari Tuban dan Bojonegoro menuntaska­n pengecatan 100 rumah warga sekaligus membersihk­an lingkungan di Desa Gununganya­r, Tuban.
PRAMUKA KWARDA JATIM FOR JAWA POS CANTIK DAN BERSIH: Seribu Pramuka penegak dari Tuban dan Bojonegoro menuntaska­n pengecatan 100 rumah warga sekaligus membersihk­an lingkungan di Desa Gununganya­r, Tuban.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia