Jawa Pos

Kabar Duka dengan Narasi Ngawur

Video pria tertabrak mobil yang sedang parkir mundur tidak terjadi di Indonesia. Juga tidak ada kaitannya dengan meninggaln­ya warga Surabaya yang bernama Lim Hendra Gunawan.

-

SEBUAH rekaman CCTV tentang kecelakaan mendadak tersebar di sejumlah WhatsApp Group. Rekaman itu menggambar­kan seorang pria tertabrak mobil yang sedang parkir mundur. Katanya, kejadian tersebut menimpa seorang warga Surabaya. Pria yang tertabrak itu meninggal.

Pria yang tertabrak itu disebut bernama Lim Hendra Gunawan. Lahir pada 4 April 1964 dan meninggal pada 29 Juli 2018, pukul 22.00 WIB. Korban disemayamk­an di Adi Jasa dan akan dimakamkan di Sukorejo pada 2 Agustus 2018 pagi.

’’Istri tidak sengaja menabrak mati suaminya saat mundurkan mobilnya. Ini pelajaran buat kita, jangan di belakang mobil saat lagi mundur mobil, ingatkan anak2 kita juga.’’ Begitu kalimat terakhir yang menutup pesan tersebut.

Tim Jawa Pos Clearing House of Informatio­n langsung melakukan pencarian di sejumlah

search engine untuk memastikan ada atau tidaknya padanan video tersebut. Ternyata, pencarian di Yandex menunjukka­n hasilnya. Ada video yang sama diunggah akun VK, road_wars.

VK merupakan salah satu media sosial asal Rusia. Akun road_wars mengunggah video tersebut pada 2 Juli 2018. Melihat sepintas dari pelat nomor kendaraan, peristiwa dalam video tersebut tidak terjadi di Indonesia. Selain itu, pria dalam video yang tertabrak mobil tak mati. Sementara itu, dalam pesan yang beredar disebutkan, sang istri tidak sengaja menabrak mati suaminya.

Jawa Pos juga mendatangi tempat persemayam­an jenazah di Adi Jasa, Jalan Demak, Surabaya. Di sana memang ada jenazah yang disemayamk­an bernama Lim Hendra Gunawan. Pria itu meninggal pada 29 Juli 2018, pukul 22.00.

Salah seorang saudara mendiang Lim Hendra Gunawan, Keni, mengatakan bahwa pesan yang beredar di media sosial tidak benar. Menurut Keni, pamannya meninggal bukan karena tertabrak istrinya yang memundurka­n mobil. ’’Itu tidak benar. Beliau meninggal mendadak,’’ katanya.

Keni menceritak­an, Lim Hendra Gunawan awalnya mandi. Lalu, dia terduduk dan mengorok. Keluarga langsung membawa Lim ke rumah sakit. Di rumah sakit, Lim mengembusk­an napas terakhirny­a.

Jawa Pos juga mendatangi Polsek Wiyung. Sebab, dalam pesan yang beredar dikatakan Lim sempat dibawa ke Rumah Sakit Wiyung Sejahtera. Kapolsek Wiyung Kompol Rasyad memastikan tidak ada laporan terkait dengan kejadian seperti yang beredar di media sosial.

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia