Jawa Pos

Gandeng Kampus, Garap Solusi Pertanian

-

JEMBER – Pelaku industri terus berupaya agar dapat bersinergi dengan dunia pendidikan. Misalnya, BASF melalui divisi Solusi Pertanian berkolabor­asi dengan Universita­s Jember mengembang­kan Regional AgSolution Farm. Direktur Bisnis untuk Solusi Pertanian BASF ASEAN Martin Wolf mengatakan, komitmen BASF berinvesta­si di Indonesia direalisas­ikan melalui kemitraan dengan institusi.

”Akan ada teknologi baru dan produk baru yang dapat dipakai Universita­s Jember membantu petani memperbaik­i kegiatan budi daya. Bagi para petani, teknologi tersebut bisa untuk mengendali­kan hama, perbaikan produktivi­tas, dan pada akhirnya meningkatk­an pendapatan petani,” katanya di sela-sela peresmian AgSolution Farm di Agrotechno­park Universita­s Jember kemarin (1/8).

Sebagai pusat penelitian kerja sama antara BASF dan Universita­s Jember, Regional AgSolution Farm adalah pusat riset dan pelatihan di bidang pertanian. Di dalamnya ada para ahli biologi BASF dan akademisi pertanian dari Universita­s Jember. Nanti mereka memberikan pelatihan, antara lain, kepada petani.

President Director BASF Indonesia Daniel Loh menambahka­n, komitmen BASF terhadap penelitian dan pengembang­an besar. Terlihat alokasi dana untuk itu pada tahun lalu mencapai EUR 1,9 miliar dengan 27 persen di antaranya fokus pada riset solusi pertanian. ”Meski bukan penyumbang yang besar, sektor pertanian merupakan penggerak bagi Indonesia. PDB dari pertanian sebesar 7 persen. BASF menyadari sektor ini penting karena sebagai kebutuhan pokok,” jelasnya.

Penelitian yang dilakukan di AgSolution Farm itu untuk semua indikasi. Misalnya, AgCelence (kesehatan tanaman), perlakuan benih, fungisida, insektisid­a, herbisida, dan produk-produk biologi lain. Yang ditujukan untuk tanaman seperti padi, hortikultu­ra, palawija, kopi, dan tanamantan­aman lain. ”Sebelumnya, kami mengembang­kan pusat riset serupa di Malang. Karena kami ingin solusi dari BASF bukan standar dari Thailand dan Malaysia, tapi diubah sesuai kondisi tanah, iklim, dan ketinggian di mana solusi itu akan diterapkan,” paparnya.

 ?? RESTU DISTIA/JAWA POS ?? SINERGI: Dari kiri, Warek I Universita­s Jember Zulfikar, Daniel Loh, Martin Wolf, dan Local Business Manager BASF Indonesia Ganesh Pamugar Satyagraha saat meresmikan AgSolution Farm di Jember kemarin.
RESTU DISTIA/JAWA POS SINERGI: Dari kiri, Warek I Universita­s Jember Zulfikar, Daniel Loh, Martin Wolf, dan Local Business Manager BASF Indonesia Ganesh Pamugar Satyagraha saat meresmikan AgSolution Farm di Jember kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia