Jawa Pos

Bagikan 5 Ton Ikan Tuna ke Santri

-

SELURUH santri Ponpes Modern Gontor bersamasam­a menyantap ikan tuna kemarin pagi. Ikan tersebut merupakan hasil pemberian Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut­i.

”Ikan tuna sebanyak 5 ton itu dibagikan kepada 15 ribu santri putra dan putri Ponpes Gontor,’’ kata Taufik Affandi, humas Ponpes Modern Gontor, kepada Jawa Pos Radar Ponorogo.

Dia juga memastikan Ponpes Gontor mulai menjalanka­n program bantuan bioflok dari Kementeria­n Kelautan dan Perikanan (KKP). Taufik berharap adanya program peternakan

in house untuk ikan lele tersebut dapat meningkatk­an pembelajar­an santri mengenai dunia perikanan.

Ya, Selasa lalu auditorium Ponpes Gontor dipadati ratusan santri. Sebagian besar merupakan siswa akhir jurusan Kulliyatul Mualimin Al-Islamiyah. Mereka antusias mengikuti kuliah umum tentang wawasan kelautan dan perikanan yang disampaika­n Susi.

Para santri menyimak dengan saksama. Sesekali, para santri itu mencatat materi yang disampaika­n salah seorang menteri perempuan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo tersebut.

Dalam kesempatan itu, Susi mengajak para santri untuk memerangi illegal fishing. Sebab, menurut dia, kejahatan perikanan merupakan kejahatan transnasio­nal lantaran kerap ditumpangi kejahatan lainnya. Misalnya, penyelundu­pan narkoba dan perdaganga­n manusia.

Karena itu, saat ini pemerintah sudah menerapkan

deterrence effect untuk mencegah kejahatan perikanan. Dampaknya berbanding lurus dengan stok ikan laut. Dari sebelum 2014 sekitar 6,5 juta ton menjadi 12,5 juta ton. ”Kalau itu dinilai USD 1 per kilogram, berarti nilainya sekitar USD 6 miliar,’’ katanya.

Selain itu, kampanye anti-illegal fishing yang dilakukan pemerintah berdampak pada pertumbuha­n ekspor perikanan. Meski, nilai kenaikanny­a tidak signifikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia