Jawa Pos

Rug, Elemen Instan Hidupkan Interior

-

KARPET atau rug bisa menjadi elemen instan untuk ’’menghidupk­an’’ interior di rumah. Tanpa mengubah sebagian besar tatanan interior, karpet bisa menyesuaik­an nuansa yang diinginkan. Bukan asal ’’tempel’,’ ada beberapa hal yang harus dipertimba­ngkan sesuai dengan jenis ruangan.

Tempatkan karpet di bawah tempat tidur untuk memberi ilusi ruangan lebih luas. Untuk kamar berukuran standar dengan tempat tidur queen size (153 x 203cm), pilih karpet berukuran 243 x 204 cm. Atau, sisakan jarak sekitar setengah meter antara garis luar karpet dan dinding. Namun, jika tak ingin lantai didominasi karpet, tempatkan karpet di tiap sisi tempat tidur. Tiap sisi karpet berjarak setidaknya 12 cm dari dinding atau furnitur.

Pilih karpet dengan bahan yang nyaman. Misalnya katun. Karpet katun cenderung tidak tahan lama. Namun, terasa lembut di kulit. Cocok ditempatka­n di area privat seperti kamar. Karpet wol yang sangat lembut di kaki dan tahan lama juga bisa menjadi pilihan.

Karpet ditempatka­n di bawah meja dan kursi makan. Cara menemukan ukuran optimalnya adalah dengan menambahka­n 60 cm di setiap sisi meja makan.

Pilih karpet yang mudah dibersihka­n dan tahan lama karena ruang makan merupakan area yang sering dilalui. Misalnya karpet berbahan rami. Motif anyaman pada karpet tersebut juga mempercant­ik ruangan.

Akan lebih baik jika empat kaki dari setiap furnitur (sofa dan meja) bisa ditempatka­n di atas karpet. Namun, jika karpet atau ruangan tak cukup besar, pastikan dua kaki depan furnitur masuk ke area karpet.

Karpet berbahan wol boleh menjadi pilihan karena nyaman, mudah dibersihka­n, dan tahan panas. Mengingat, ruangan ini termasuk ke dalam area publik. Jika tak punya bujet untuk karpet wol, pilih saja karpet berbahan akrilik. gold

Ukuran:

Bahan:

Ukuran:

Bahan:

Ukuran:

Bahan:

 ?? AWESHOMEY ?? WARNA HANGAT: Karpet di ruang makan hendaknya diletakkan di bawah meja dan kursi makan. Ukuran optimalnya adalah dengan menambahka­n 60 cm di setiap sisi meja.
AWESHOMEY WARNA HANGAT: Karpet di ruang makan hendaknya diletakkan di bawah meja dan kursi makan. Ukuran optimalnya adalah dengan menambahka­n 60 cm di setiap sisi meja.
 ??  ?? Diamond coffee table
Diamond coffee table

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia