Jawa Pos

Revans ala Gialloross­i

-

ARLINGTON – Momok Barcelona dalam dua musim terakhir adalah wakil-wakil klub Italia di ajang kompetisi Eropa. Juventus dan AS Roma menghentik­an kiprah Barca di perempat final Liga Champions 2016–2017 serta 2017–2018. Sialnya, pada pramusim tahun ini, keapesan Barca kala bertemu klub-klub Italia itu berlanjut.

Kemarin (1/8), di AT&T Stadium, Barca takluk oleh AS Roma dengan skor

2-4. Tapi, memang bukan skor akhir yang menjadi atensi utama, melainkan karena Gialloross­i ’’memenuhi ambisinya’’. Yakni, memberikan balasan atas Barca gara-gara membajak pemain buruan mereka, Malcom.

Padahal, Malcom sempat memberi Barca keunggulan 2-1 lewat golnya pada menit ke-49. Di babak pertama, skor sama kuat 1-1 setelah gol winger Barca Rafinha pada menit keenam dibalas Stephan El Shaarawy (35’). Seolah mengulang kesalahan dalam

leg kedua perempat final Liga Champions musim lalu di Stadio Olimpico, Barca kebobolan tiga gol hanya dalam 12 menit terakhir. Masing-masing oleh Alessandro Florenzi (78’), Bryan Cristante (83’), dan eksekusi penalti Diego Perotti (86’).

Entrenador Barca Ernesto Valverde menuding fokus yang hilang dari pemainnya sebagai penyebab timnya bisa dibobol tiga kali dalam 12 menit terakhir. Khususnya dua gol terakhir Roma yang berawal dari kesalahan anak asuhnya. Selain itu, Valverde menyebut perbedaan skuad kedua tim sebagai pembeda hasil akhir. ’’Mereka (AS Roma) memiliki skuad yang lebih berpengala­man,’’ ucapnya kepada Marca.

Dari komposisi pemain yang dimainkan Valverde, kapten tim Sergi Roberto merupakan satu-satunya langganan starting XI Barca musim lalu. Sepuluh pemain sisanya lebih akrab dengan bangku cadangan. Sebaliknya, enam dari starting XI Roma merupakan pemain yang menghancur­kan Barca musim lalu. Sebut saja Kostas Manolas, Daniele De Rossi, Kevin Strootman, Edin Dzeko, Florenzi, dan El Shaarawy.

Valverde sekaligus menunjuk duet pertahanan Barca yang diturunkan kemarin sebagai pasangan baru. Yakni, Clement Lenglet dan Marlon. Lenglet baru direkrut dari Sevilla, sedangkan Marlon baru kembali dari masa peminjaman di Nice. ’’Kami tahu bahwa kami akan dipojokkan atas kekalahan ini. Tetapi, kami mengambil banyak pelajaran dari kekalahan ini, terutama bagi para pemain muda,’’ kata Valverde.

Performa Malcom yang bermain starter untuk kali pertama juga dianggap Valverde memberikan dimensi baru bagi lini serang Barca. Pemain berbandero­l EUR 42 juta (Rp 708,44 miliar) itu bermain sampai menit ke-62. ’’Dia (Malcom) berlari, menembak, dan sangat kuat. Saya melihatnya sangat sulit untuk dijatuhkan oleh pemain lawan,’’ puji Valverde untuk pemain 21 tahun asal Brasil tersebut.

Yang menarik, seiring memendam kebencian atas pembajakan Malcom, akun Twitter Roma berbuat usil. Dalam daftar pemain yang dirilis sebelum pertanding­an, hanya ada sepuluh pemain yang dicantumka­n dari starting XI Barca alias minus Malcom. Presiden AS Roma James Pallotta kepada Football Italia juga menyindir Malcom.

’’Apa yang terjadi dengan (perpindaha­n) Malcom ke Barca tak akan mengganggu rencana kami ke depan,’’ ucap Pallotta. ’’Kami sudah berbicara kepada Barca soal transfer (Lionel) Messi,’’ seloroh pengusaha 60 tahun asal Amerika Serikat itu.

 ?? MICHAEL AINSWORTH/AP PHOTO ?? TERJEPIT: Malcom terlibat perebutan bola dengan Davide Santon (kiri) dan Alessandro Florenzi dalam laga Internatio­nal Champions Cup di AT&T Stadium, Arlington, Texas, kemarin (1/8).
MICHAEL AINSWORTH/AP PHOTO TERJEPIT: Malcom terlibat perebutan bola dengan Davide Santon (kiri) dan Alessandro Florenzi dalam laga Internatio­nal Champions Cup di AT&T Stadium, Arlington, Texas, kemarin (1/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia