Jawa Pos

Luke Amos sang Penerus Tradisi

-

MAURICIO Pochettino tidak pernah berhenti bereksperi­men di awal musim. Musim ini Pochettino sudah menyebut nama pemain yang berpotensi mendapat debut di Premier League. Ya, dia adalah Luke Amos, gelandang 21 tahun jebolan akademi Spurs. Amos bisa debut saat matchweek 1 Premier League kontra Newcastle United Sabtu (11/8).

’’Ini sudah musim kelima saya (bersama Spurs). Kalian pikir saya takut menurunkan­nya (Amos)?’’ kata Poche, sapaan Pochettino, sebagaiman­a dilansir Daily Mail. Penampilan Amos saat mengalahka­n AC Milan 1-0 pada laga Internatio­nal Champions Cup (ICC) kemarin WIB (1/8) memang membuatnya terkesan.

Amos sebagai gelandang bertahan dianggap bisa jadi solusi di balik krisis gelandang di Spurs saat ini. Victor Wanyama, Moussa Sissoko, Erik Lamela, dan Harry Winks masih dibekap cedera. Sementara itu, Mousa Dembele, Eric Dier, dan Dele Alli belum juga berlatih setelah liburan Piala Dunia sampai Selasa (31/7).

Potensi absennya Wanyama, Sissoko, Winks, dan Dembele atau Dier bakal ditutupi Amos. ’’Saya percaya dengan pemain muda, tak peduli berpengala­man atau tidak. Kalau soal pengalaman, mereka memang tak punya. Tapi, mereka masih punya gairah dan energi. Sisi-sisi ini yang saya sukai,’’ tutur Pochettino.

Dia menyebut Amos jadi salah satu contoh anak muda pilihannya. ’’Dia saya mainkan 90 menit di setiap tiga laga pramusim kami. Di usia 21 tahun, dia sudah tak lagi muda. Tapi sayang, dia belum punya pengalaman di Premier League. Tiga laga di pramusim sudah menjawab. Saya pun yakin dia mampu beradaptas­i begitu turun bersama senior-seniornya,’’ tambah Pochettino.

Selain Amos, pelatih berkebangs­aan Argentina itu menyertaka­n empat nama jebolan akademi. Yakni, Oliver Skipp, George Marsh, Timothy Eyoma, dan Anthony Georgiu. Nah, jika menepati janjinya, Pochettino akan meneruskan tradisi eksperimen pemain dalam awal-awal musim Premier League.

Musim lalu Poche sempat memasukkan nama Kyle Walker-Peters, bek yang sempat jadi pengisi posisi bek kanan setelah ditinggal pergi Kyle Walker ke Manchester City.

 ?? BRUCE KLUCKHOHN/AP PHOTO ?? MONCER: Luke Amos (kiri) mendapat kawalan dari Alessio Romagnoli dalam laga di US Bank Stadium, Minneapoli­s, kemarin.
BRUCE KLUCKHOHN/AP PHOTO MONCER: Luke Amos (kiri) mendapat kawalan dari Alessio Romagnoli dalam laga di US Bank Stadium, Minneapoli­s, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia