Jawa Pos

Dedi Hartono sang Raja Assist

-

SEBUTAN raja assist sementara ini layak dipersemba­hkan kepada gelandang Mitra Kukar Dedi Hartono. Saat ini mantan pemain Semen Padang dan Barito Putera itu telah mencatat 10 assist dan menjadi pelayan terbaik bagi para pembobol gawang di Liga 1.

Dedi mencatat assist lebih banyak ketimbang gelandang Arema FC Makan Konate yang paro musim pertama membela Sriwijaya FC dan bintang Barito Putera Rizky Pora. ”Saya selalu ingin memberikan apa yang saya bisa untuk tim. Memang tidak harus gol. Yang terpenting bisa memberikan kontribusi,” ujar Dedi.

Selain assist, umpan kunci pemain 30 tahun itu mencapai 23 kali dalam 18 pertanding­an. Dia selalu menjadi pilihan utama Mitra Kukar dengan waktu bermain mencapai 1.534 menit.

Dedi turut andil dalam kemenangan 4-3 melawan Arema FC (27/7) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Sepakan bebasnya pada menit ke-27 berujung gol kedua Mitra Kukar. Itu juga menjadi koleksi gol keduanya bersama Naga Mekes. Gol pertamanya dicetak ketika menang atas Persebaya Surabaya 3-1 (29/4).

Selain gol, Dedi menyumbang dua assist dalam pertanding­an melawan Arema. Assist pertamanya dieksekusi dengan baik oleh Anindito Wahyu pada menit ke-21. Itu menjadi gol pembuka Mitra Kukar ke gawang Arema. Lalu, gol Fernando Rodriguez pada menit ke-50 juga melalui sentuhan Dedi.

Bermain sebagai winger, Dedi kerap menusuk dari pinggir lapangan. Dengan postur 165 cm, Dedi mampu melewati satu hingga dua pemain dengan mudah. Kebolehann­ya dalam melepas umpanumpan crossing diakui rekan setimnya, Bayu Pradana. ”Dia salah seorang pemain yang mempunyai umpan crossing terbaik di liga ini. Dan, sekarang dia menjadi top assist,” kata Bayu.

 ?? GUNTUR AGA/RADAR JOGJA ?? PENENTU: Dua gol dicetak Patrich Wanggai untuk Persib dalam debutnya saat melawan PS Tira 3-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul (30/7).
GUNTUR AGA/RADAR JOGJA PENENTU: Dua gol dicetak Patrich Wanggai untuk Persib dalam debutnya saat melawan PS Tira 3-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul (30/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia