Jawa Pos

Amunisi Anyar Memberi Bukti

Bursa transfer tengah musim dimanfaatk­an beberapa tim untuk menambal kekuatanny­a. Beberapa pemain telah melakukan debut di klub barunya. Ternyata ada yang langsung memberikan bukti.

- ANJAR/RADAR LAMONGAN

LINI serang Persela Lamongan begitu bergantung kepada striker asal Prancis Loris Arnaud musim ini. Dia menjadi andalan untuk memecah kebuntuan di lini depan. Faktanya, pemain yang mengawali karir di Paris Saint-Germain (PSG) itu menjadi top

scorer klub dengan mencetak sembilan gol. Tetapi, rasanya ketergantu­ngan kepada striker 31 tahun itu sedikit berkurang. Datangnya si anak hilang Dendy Sulistyawa­n membuat kerja Arnaud lebih enteng. Dipulangka­n dari Bhayangkar­a FC dengan status pinjaman, Dendy langsung menunjukka­n penampilan menawan.

Dia menjadi pahlawan kala Persela mengempask­an Persipura Jayapura 3-2 (29/7). Tak tanggung-tanggung, pemain 22 tahun itu mencetak hat-trick ke gawang Mutiara Hitam. Performa apik itu bahkan membuat keangkeran Stadion Surajaya, Lamongan, yang belum terkalahka­n musim ini tetap terjaga.

Performa apiknya membuat Dendy masuk dalam tim terbaik pekan ini versi Jawa

Pos dan Statoskop. ’’Saya ingin sampaikan, from zero to hero. Ini menunjukka­n bahwa dia punya kualitas. Dengan lawan yang berpengala­man, Dendy bisa cetak tiga gol,’’ puji pelatih Persela Aji Santoso.

Meski mendapat pujian, Dendy enggan jemawa. ’’Ini semua berkat kerja keras seluruh pemain dan pelatih,’’ ujarnya.

Selain itu, dia punya motivasi berlipat kala berlaga di Surajaya. ’’Ini juga terjadi karena atmosfer suporter yang terus mendukung. Saya kangen suasana Surajaya,’’ tambahnya.

Performa moncer tak hanya ditunjukka­n Dendy. Penggawa anyar Persib Bandung yang dibajak dari Sriwijaya FC Patrich Wanggai juga melakoni debut hebat. Sebenarnya Patrich bukan pilihan utama pelatih Persib Mario Gomez. Sebab, di lini depan sudah ada pencetak 13 gol di Liga 1 Ezechiel N’Douassel.

Kebetulan pemain asal Chad itu absen lantaran akumulasi kartu. Sialnya, sang pelapis Febri Haryadi masih memperkuat timnas U-23 Indonesia. ’’Hanya ada Patrich yang berposisi sebagai striker. Akhirnya saya turunkan dia. Saya yakin dia pemain yang berkualita­s,’’ kata Mario Gomez.

Keyakinan Gomez benar-benar menjadi kenyataan. Pemain 30 tahun itu mampu mencetak dua gol yang sekaligus menjadi aktor di balik kemenangan 3-2 Persib atas PS Tira (30/8). ’’Saya percaya dengan dia (Patrich),’’ tambah pelatih asal Argentina itu. Itu berarti Persib tidak harus khawatir jika N’Douassel absen. Debutan lain yang maksimal adalah Mahamadou N’Diaye di Bali United. Digaet dari Sriwijaya FC, dia tak butuh adaptasi. Kehilangan Demerson dan Ahn Byung-keon bisa ditutupi N’Diaye. Tercatat dia melakukan delapan intersep dan tujuh sapuan ketika Bali United menang 2-1 atas PSMS Medan (28/7).

Dari Persija Jakarta, ada Shahar Ginanjar. Kiper baru yang membuat pelatih Stefano Cugurra tidak perlu khawatir apabila Andritany Ardhiyasa cedera atau dipanggil timnas Indonesia. Dia mencatat enam penyelamat­an ketika Persija menang 1-0 atas Bhayangkar­a FC (27/7). ’’Alhamdulil­lah. Saya sangat

nggak nyangka dengan hasil ini (masuk tim terbaik pekan ini, Red). Saya hanya bekerja sesuai kemampuan saya,’’ kata Shahar.

 ??  ?? MONCER: Dendy Sulistyawa­n langsung mencetak hat-trick dalam debutnya bersama Persela ketika melawan Persipura di Stadion Surajaya, Lamongan (29/7).
MONCER: Dendy Sulistyawa­n langsung mencetak hat-trick dalam debutnya bersama Persela ketika melawan Persipura di Stadion Surajaya, Lamongan (29/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia