Jawa Pos

Menang Dulu biar Tenang

-

SIDOARJO – Setelah mengalahka­n Filipina dan Myanmar, inilah ujian sesungguhn­ya bagi timnas Indonesia. Skuad Garuda harus meladeni Vietnam pada laga ketiga penyisihan grup A Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, malam ini (siaran langsung Indosiar pukul 19.00 WIB).

Seperti Indonesia, Vietnam juga menyapu bersih dua laga sebelumnya. Yakni, mengalahka­n Kamboja (1-0) dan Timor Leste (4-0). Karena itu, laga malam ini sangat penting bagi Indonesia dan Vietnam. Siapa yang menang berpeluang mengunci tiket semifinal lebih cepat. ’’Laga besok (hari ini, Red) pasti ketat. Mereka juara bertahan dan pasti ingin menang,’’ kata pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini. ’’Yang pasti, kami akan saling membaca permainan. Kami akan main dengan cara kami. Vietnam akan sama karakterny­a,’’ tutur pelatih asal Aceh itu. Jika kalah, perjuangan Indonesia bakal sulit. Apalagi jika pada laga lainnya Kamboja mengalahka­n Timor Leste. Saat ini Kamboja berada di posisi ketiga dengan raihan tiga poin. Jika ingin mengamanka­n satu tiket semifinal, pasukan Merah Putih wajib menang atas Vietnam.

Ini bukan kali pertama David Maulana dkk bersua dengan Vietnam. Pada 12 Maret, Garuda Nusantara –julukan timnas U-16– bertemu Vietnam pada ajang final Jenesys Cup 2018 di Jepang. Saat itu Indonesia sukses merebut gelar juara setelah menang 1-0 lewat gol Rendy Juliansyah. Fakhri belum bisa memastikan akan menurunkan penyerang Sutan Zico sebagai starter. Sebab, pada sesi latihan di Lapangan Jenggolo kemarin (1/8), pemain bernomor punggung sembilan itu masih mengeluh sakit di bagian paha. Selain itu, timnas tidak bisa memaksakan gelandang Hamza Lestaluhu yang baru pulih dari cedera.

’’Rotasi akan saya lakukan. Untuk Zico masih akan kami lihat besok pagi (hari ini, Red). Perkembang­annya seperti apa, masih akan koordinasi dengan dokter,’’ kata pelatih 53 tahun itu. Sementara itu, kubu Vietnam menilai Indonesia mendapat keuntungan tersendiri sebagai tuan rumah. Fanatisme suporter Merah Putih menambah semangat pemain Indonesia. Sebaliknya, hal itu bisa menjadi tekanan bagi tim tamu.

Meski begitu, sebagai juara bertahan, Vietnam tetap optimistis bisa mencuri poin dari Indonesia di depan pendukungn­ya. ’’Indonesia tim yang kuat. Tetapi, kami sama-sama memiliki peluang menang, 50-50. Ini akan menjadi pertanding­an yang menarik,’’ ucap pelatih Vietnam Vu Hong Viet.

 ??  ??
 ?? FOTO: DIPTA WAHYU/JAWA POS; GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ??
FOTO: DIPTA WAHYU/JAWA POS; GUSLAN GUMILANG/JAWA POS GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS
 ??  ?? BAKAL KETAT: Winger timnas U-16 Amiruddin Bagas Kahfi (kiri) bakal bersaing dengan penyerang Vietnam Vo Nguyen Hoang.
BAKAL KETAT: Winger timnas U-16 Amiruddin Bagas Kahfi (kiri) bakal bersaing dengan penyerang Vietnam Vo Nguyen Hoang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia