Jawa Pos

Saatnya Recovery dan Evaluasi

-

BALI – Program pemusatan latihan timnas U-23 terus berlanjut. Setelah uji coba melawan Bali United pada Selasa malam (1/8), Hansamu Yama Pranata dkk langsung melakoni latihan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kemarin pagi (1/8).

Latihan tersebut dimulai pukul 09.00. Setelah pemanasan, materinya adalah internal game.

Pelatih Luis Milla memberikan penekanan pada pergerakan tanpa bola. Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Alberto Goncalves, dan Stefano Lilipaly diajarkan cara lolos dari jebakan offside.

’’Saling melihat, saling memahami ke mana kawan akan mengumpan atau berlari. Sekali kamu lolos, peluang untuk cetak gol sangat besar,’’ kata Milla.

Setelah itu, terdapat materi umpan-umpan pendek cepat yang dikombinas­ikan dengan finishing. Dua materi tersebut merupakan hasil evaluasi dari pertanding­an uji coba melawan Bali United. Meski menang 2-1, timnas terlihat kesulitan mengatasi jebakan offside lawan. Finishing touch pun kembali jadi masalah mengingat ada sekitar 15 tendangan on target yang hanya menghasilk­an dua gol.

Bima Sakti, asisten pelatih timnas, menuturkan bahwa latihan kemarin tidak sekeras biasanya. Lebih banyak recovery karena para pemain baru menjalani pertanding­an. ’’Tapi, intensitas tetap tinggi. Kami tidak mau ketinggala­n momentum karena waktu sudah semakin mepet,’’ ucapnya.

Bima menuturkan, beberapa faktor dari hasil pengamatan lawan Bali United akan menjadi fokus latihan beberapa hari ke depan. ’’Kami ingin tampil sebaik mungkin,’’ ungkapnya.

Terkait dengan batal bergabungn­ya Ezra Walian, timnas belum memutuskan pemain pengganti. ’’Masih dicari. Coach Milla masih mencari pemain yang tepat biar benar-benar berguna bagi tim,’’ kata Bima.

Penyerang timnas Beto Goncalves mengungkap­kan, ada banyak perkembang­an selama pemusatan latihan. Hal itu terbukti pada laga melawan Bali United. ’’Kami lebih bisa mengontrol emosi dalam permainan. Ini bagus, tapi tetap harus ditingkatk­an,’’ jelas pemain naturalisa­si dari Brasil itu.

 ?? ALIT BINAWAN/JAWA POS RADAR BALI ?? SATU KLUB: Pemain timnas U-23 Stefano Lilipaly (kanan) dihadang Miftahul Hamdi dari Bali United pada uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (31/7).
ALIT BINAWAN/JAWA POS RADAR BALI SATU KLUB: Pemain timnas U-23 Stefano Lilipaly (kanan) dihadang Miftahul Hamdi dari Bali United pada uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (31/7).
 ?? ALIT BINAWAN/JAWA POS ?? KONSENTRAS­I: Pelatih timnas U-23 Luis Milla memberikan instruksi kepada pemain saat memimpin latihan.
ALIT BINAWAN/JAWA POS KONSENTRAS­I: Pelatih timnas U-23 Luis Milla memberikan instruksi kepada pemain saat memimpin latihan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia