Jawa Pos

Sistem Booking Online untuk Gunung Rinjani

Bakal Batasi Hanya 700 Pendaki Per Hari

-

LOMBOK TIMUR – Jumlah pasti pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani saat gempa bumi Minggu (29/7) sulit diketahui. Guna mencegah hal serupa terulang, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bakal menerapkan sistem booking online untuk izin pendakian. Saat ini mereka menyiapkan sistem itu agar segera berfungsi begitu gunung tersebut kembali dibuka.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno menyebutka­n, selama Rinjani ditutup, pihaknya bakal melaksanak­an kajian dan penelitian. Itu dilakukan untuk memastikan jalur pendakian aman. Termasuk di antaranya jalur alternatif untuk evakuasi saat kondisi darurat. ”Dilakukan pakar dan praktisi secara terpadu,” ucapnya kemarin (1/8).

Menurut Wiratno, langkah tersebut juga dibarengi proses merancang jalur dan sistem evakuasi. Kemudian penguatan stakeholde­r yang berkaitan langsung dengan urusan bencana. Juga diklat SAR petugas dan pelaku wisata Rinjani.

Wiratno menjelaska­n bahwa rencana memberlaku­kan sistem booking online tidak lain bertujuan memperbaik­i manajemen pendakian. ”Sebagai bagian dari manajemen pengunjung, pelaku wisata, dan jasa usaha,” imbuh dia.

Selanjutny­a, ke depan jumlah pendaki juga dibatasi. Untuk sementara paling banyak jumlah pendaki 700 orang per hari. Secara teknis, Kepala Seksi Wilayah II TNGR Rio Wibawanto menyampaik­an bahwa sistem booking online untuk pendaki Gunung Rinjani mirip sistem booking online bagi penumpang pesawat. ”Ada kuota nanti. Kemudian Anda lewat jalur mana. Kalau lewat Sembalun turun lewat mana tanggal berapa,” terangnya.

Semua itu harus sudah jelas sebelum para pendaki memulai pendakian. Bahkan bisa jauh hari sebelum mereka menginjakk­an kaki di Lombok. Sebab, sistem booking online akan ditunjang aplikasi berbasis Android dan iOS. Sehingga bisa diakses pengguna telepon genggam dari mana pun dan kapan pun. ”Nama aplikasiny­a e-Rinjani,” ungkapnya.

Menurut Rio, sistem booking online untuk pendaki gunung sudah ada di luar Indonesia. Namun di dalam negeri belum ada. Khusus untuk Gunung Rinjani, TNGR sebenarnya sudah punya rencana untuk memulai uji coba sistem tersebut. Tapi batal lantaran gempa terjadi lebih dulu. ”Sistemnya sudah ada, cuma belum final,” imbuhnya.

 ?? IVAN MARDIANSYA­H/LOMBOK POS /JPG ?? DAMPAK GEMPA: Seorang perempuan salat di depan rumahnya yang ambruk akibat gempa di Desa Obel-Obel, Lombok Timur, kemarin.
IVAN MARDIANSYA­H/LOMBOK POS /JPG DAMPAK GEMPA: Seorang perempuan salat di depan rumahnya yang ambruk akibat gempa di Desa Obel-Obel, Lombok Timur, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia