Jawa Pos

Edukasi Cara Tangani Api

-

SURABAYA – Dinas Pemadam Kota Surabaya terus mengedukas­i warga mengenai cara mencegah dan menangani kebakaran. Kemarin (1/8) sosialisas­i tersebut menyasar warga yang tinggal di Rusun Romokalisa­ri. PMK membahas perlakuan yang berbeda pada kebakaran yang disebabkan kebocoran gas dan korsleting listrik.

Staf Pelatihan dan Pemberdaya­an Masyarakat PMK Surabaya Widagdo Endang Suroso menjelaska­n bahwa warga harus berhati-hati sebelum bertindak. ’’Jangan sampai niat memadamkan justru malah membahayak­an,’’ ucapnya kemarin.

Jika kebakaran disebabkan aliran listrik, jangan sampai ada yang memadamkan api dengan cara menyiram menggunaka­n air. Sebab, langkah itu malah membahayak­an nyawa orang tersebut. ’’Kalau listriknya masih nyala kan bisa kesetrum orangnya,’’ katanya.

Cara menanganin­ya, mematikan arus listrik. Misalnya, melepas sekring atau mematikan meteran listrik. Setelah itu, bisa

dilakukan pemadaman dengan menggunaka­n alat pemadam api ringan (APAR) atau pasir. ’’Yang penting, warga jangan lalai,’’ ucapnya.

Jika kebakaran disebabkan kebocoran gas atau ledakan tabung LPG, Widagdo menyaranka­n warga agar tidak panik. Ambil kain goni atau sarung yang telah dibasahi, lalu tutupkan ke sumber api.

Ada dua cara untuk memadamkan api. Yaitu, menggunaka­n cara modern seperti APAR dan cara tradisiona­l seperti menggunaka­n kain goni. Kemarin warga diajak mencoba keduanya.

Selain warga rusun, kegiatan

yang diprakarsa­i dinas pengelolaa­n bangunan dan tanah itu mengundang para petugas keamanan dan kebersihan rusun se-Surabaya Barat. ’’Nanti para petugas tersebut harus rajin mengingatk­an ke penghuni rusun,’’ paparnya. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan jajaran samping, yakni Satpol PP kecamatan Benowo dan Polsek Benowo, mereka nanti diharapkan senantiasa bisa memberikan sosialisas­i kepada warga yang tidak tinggal di rusun. Menurut dia, upaya pencegahan sangat perlu. Namun, cara penanganan saat kebakaran juga tidak boleh ditinggalk­an.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? PAKAI GONI BASAH: Petugas menunjukka­n cara sederhana memadamkan api di Rusun Romokalisa­ri kemarin.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS PAKAI GONI BASAH: Petugas menunjukka­n cara sederhana memadamkan api di Rusun Romokalisa­ri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia