Jawa Pos

Tambal Tanggul dengan Sandbag

-

SIDOARJO – Rasa cemas warga akan jebolnya tanggul di Dusun Tegalsari, Desa Kupang, Kecamatan Jabon, sedikit hilang. Perum Jasa Tirta (PJT) I memberikan penanganan darurat dengan memasang sandbag untuk menambal tanggul yang ambles sepanjang 15 meter itu.

Wanito, koordinato­r pekerja proyek, menyatakan bahwa perbaikan tanggul telah berlangsun­g seminggu. Selama itu tanah yang tergerus air bertambah 2 meter. Sebab, tanah tanggul sudah tidak kukuh. ”Kami kuatkan dengan kawat baja yang dililitkan dengan bambu sebagai penahan,” katanya.

Setelah itu pekerja memasang sandbag seberat 40 kg. ”Butuh lebih dari 2.000 sak. Tanahnya juga dari urukan. Beli di dekat sini,” ucapnya. ”Dengan ini tanggul aman ketika dilewati motor,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Jasa ASA II PJT I Didik Ardianto menjelaska­n, tanggul tersebut menahan air Sungai Sembilanga­n, pecahan dari Sungai Porong. ”Arusnya cukup kuat. Tanah yang ambles akan diisi sandbag dua lapis. Sisi dalam dan luar,” katanya.

Perbaikan tersebut bersifat sementara. Tahap awal sebelum masuk musim hujan. Didik mengatakan, nanti ada perawatan tanggul secara periodik. Bila terjadi kerusakan akan ditambal. ”Dengan tambalan saat ini sudah cukup kuat,” ucapnya.

Untuk perbaikan permanen, jelas Didik, dibutuhkan perencanaa­n matang. Sebab, kondisi tanggul tak bisa dilewati alat berat. ”Rencananya, dipasang penahan baru yang diisi material tanah yang dilapisi lapisan cor,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia