Jawa Pos

Pouch dan Tote Bag Lukis

-

SURABAYA – Salah satu perintilan yang digunakan untuk menghargai tamu undangan di sebuah pesta adalah suvenir. Tujuannya, memberikan kenang-kenangan unik dan berbeda kepada para tamu. Beberapa orang menjatuhka­n pilihan pada suatu barang yang punya nilai seni sekaligus multifungs­i.

Sebut saja memilih pouch lukis untuk suvenir. Tjiplies Pudji Lestari, salah satu pelukis sekaligus crafter, mengungkap­kan bahwa pouch lukis memiliki beragam daya tarik. Selain estetis, suvenir itu dipandang akan berguna bagi si penerima sebagai wadah make-up maupun aksesori.

Menggunaka­n bahan jeans off white, ibu dua anak tersebut langsung melukis gambar di atas bahan yang sudah dibikin pouch berukuran sekitar 20 x 15 sentimeter. ’’Untuk yang masih awal bikin, biasanya bisa dibuat pola atau outline tipis dulu. Pakai pensil warna atau water color,’’ ujar penggagas Nazia Silk Painting itu.

Tjiplies mengatakan memanfaatk­an cat kain untuk melukis. Alasannya, cat kain menghasilk­an tekstur akhir yang lebih halus ketimbang cat akrilik yang cenderung kaku. Bahan jins, kata Tjiplies, memiliki keunggulan dan keuntungan bagi pembuat pouch lukis lantaran lebih gampang dihapus saat ada bagian yang perlu dikoreksi.

’’Meskipun air yang kita kasih ke catnya banyak, misalnya, nggak bakal mbleber ke mana-mana. Pas sudah kering juga nempel banget di kain jins,’’ paparnya.

Selain pouch, dia melakukan hal serupa untuk tote bag yang juga berbahan jeans off white.

’’Bahan jeans off white

gampang dilukis dan matching sama warna apa pun. Kalau kotor, dicuci pakai mesin cuci atau tangan saja,’’ paparnya.

 ??  ?? BEDA: Salah satu jenis tote bag yang dilukis dengan menggunaka­n cat air.
BEDA: Salah satu jenis tote bag yang dilukis dengan menggunaka­n cat air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia