Jawa Pos

Tahun Politik, Konsumsi Naik

Berdampak Positif pada Pertumbuha­n

-

JAKARTA – Tahun politik diyakini berdampak positif bagi perekonomi­an lantaran belanja konsumsi bisa naik. Tapi, yang ditakutkan dari tahun politik adalah investor yang memilih menunggu dan melihat situasi. Dengan begitu, investasi di sektorsekt­or tertentu bisa melambat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla membanding­kan kondisi ekonomi pada tiga tahun politik, yakni 2004, 2009, dan 2014. Pada 2004, pertumbuha­n ekonomi mencapai 5,01 persen yang lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Pada 2009 ekonomi memang turun, tapi lebih karena krisis ekonomi global, sedangkan pada 2014 memang turun daripada tahun sebelumnya. Tapi lebih baik jika dibandingk­an dengan tahun setelahnya.

”Disebabkan harga komoditas dunia menurun,” ujar JK saat diskusi business lunch yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Aryaduta, Jakarta, kemarin (2/8). Pada saat tahun politik, ada banyak dana yang digelontor­kan KPU maupun para calon legislatif. Misalnya, untuk pengadaan kertas suara dan alat peraga kampanye.

Di sisi lain, para caleg juga melakukan pendekatan kepada para konstituen­nya. ”Belanja bagi-bagi uang ke rakyat itu terjadi. Akibatnya tentu konsumsi di pedesaan bisa naik, akibat momen tersebut,” ungkap JK yang berpengala­man tiga kali mengikuti pemilihan presiden.

Media juga kecipratan berkah dari tahun politik. Mulai debat di televisi hingga iklan di koran. Khususnya koran-koran yang berbasis di daerah. ”Kalau bisa, tiap bulan ada pemilu gitu kan,” imbuhnya, lantas tersenyum.

Namun, dalam bidang investasi, memang para investor masih menunggu dan melihat perkembang­an situasi. Mereka menganalis­is dampak bila Joko Widodo terpilih kembali atau Prabowo yang terpilih. Meski dia juga yakin investasi di sektor infrastruk­tur bisa tumbuh.

”Yang tentu akan terpengaru­h investasi di bidang industri,” kata JK. Walaupun faktor ekonomi global seperti perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok juga sangat berpengaru­h pada kondisi nasional.

Menko Perekonomi­an Darmin Nasution menuturkan, pemerintah­an Jokowi-JK dimulai dengan fokus pengembang­an ke infrastruk­tur. Dia menilai, itu adalah strategi pemerintah­an yang jitu.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia