Jawa Pos

Langsung Adaptasi dengan Stadion Akuatik

-

JAKARTA – Lima anggota skuad renang Asian Games 2018 yang berlatih di Uytengsu Aquatics Center, California, Amerika Serikat, sudah kembali ke tanah air Kamis sore (2/8). I Gede Siman Sudartawa dan Gagarin Nathaniel Yus langsung menjalani latihan ringan kemarin. Sedangkan Triady Fauzi, Glenn Victor Sutanto, dan Indra Gunawan absen.

’’Hari ini conditioni­ng dan adaptasi saja. Mereka juga masih jet lag,’’ jelas Albert Sutanto, pelatih mereka, saat ditemui di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Menurut dia, setidaknya butuh dua hingga tiga hari untuk mengembali­kan kondisi tubuh dan pola istirahat keduanya. Mengingat, tim sprint menjalani pelatihan di Negeri Paman Sam selama tiga bulan.

Siman sangat senang kembali ke Indonesia. Dia sangat antusias berlaga di Asian Games. Secara fisik dan teknik, peraih emas SEA Games 2017 itu merasakan peningkata­n yang signifikan setelah berlatih di Amerika. Dia dan para sprinter lain melahap berbagai program pembentuka­n otot dan perbaikan teknik. Misalnya berenang dengan beban yang diikat dengan tali di pinggang. ’’Latihan memang berat, tapi lebih fokus,’’ tuturnya.

Di Asian Games nanti, Siman turun setidaknya di tiga nomor. Yakni, 50 meter dan 100 meter gaya punggung serta 4 x 50 meter gaya ganti estafet. Menurut dia, peluang medali ada di nomor 50 meter gaya punggung yang menjadi andalannya. ’’Karena empat tahun lalu di Asian Games 2014 Incheon saya ada di peringkat keempat. Waktunya tipis, terpaut 0,33 detik dari peraih perunggu,’’ terangnya.

Di sisi lain, para perenang jarak jauh yang selama ini berlatih di Bali juga mulai berlatih di Stadion Akuatik Kamis lalu (2/8). Mereka boyongan dari Pulau Dewata ke Jakarta pada Rabu lalu. ’’Kami sudah tahu tentang kolam renang ini. Tapi, para perenang masih perlu penyesuaia­n dengan start block,’’ jelas pelatih jarak jauh David Armandoni.

 ??  ?? MASIH JET LAG: Sprinter Indonesia Gagarin Nathaniel Yus berlatih di Stadion Akuatik Senayan kemarin (3/8).
MASIH JET LAG: Sprinter Indonesia Gagarin Nathaniel Yus berlatih di Stadion Akuatik Senayan kemarin (3/8).
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ??
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia