Jawa Pos

Total Hadiah Setengah Miliar

Surabaya Marathon 2018

-

SURABAYA – Para runner yang mengikuti Surabaya Marathon bakal semakin bersemanga­t. Sebab, event yang akan digeber akhir pekan depan itu (12/8) menjanjika­n hadiah yang bernilai fantastis. Yakni, total Rp 500 juta untuk semua kategori. Pemenang utama full marathon (FM) kategori open akan mendapat hadiah Rp 23 juta. Pemenang kategori master berhak atas hadiah Rp 6 juta, sedangkan kategori nasional Rp 16 juta.

Menurut Ketua Surabaya Marathon Fransisca M. Budiman, pembagian itu dilakukan berdasar evaluasi tahun lalu. ”Ini agar fair terhadap pelari-pelari internasio­nal. Sebab, ada beberapa dari mereka yang merupakan atlet dan mengejar prestasi,” jelas perempuan yang akrab disapa Sisca tersebut.

Sisca menambahka­n, pembagian itu juga melihat jumlah peserta mancanegar­a yang cukup banyak. Dia memerinci, ada 94 peserta dari luar negeri. Mereka akan ikut kategori open. Sementara itu, warga Indonesia bisa mengikuti kategori nasional maupun open.

Kamis lalu (2/8) penyelengg­ara Surabaya Marathon juga memperkena­lkan medali finisher di Toby’s Estate, Tunjungan Plaza, Surabaya. Ada empat jenis medali, yakni untuk kategori FM, half marathon (HM), 10 km, dan 5 km. Bentuknya unik. Di sekeliling lingkaran medali terdapat ukiran-ukiran

landmark yang merupakan ikon Kota Pahlawan. Misalnya, Tugu Pahlawan, Tunjungan, Balai Kota Surabaya, Monumen Kapal Selam, dan Monumen Karapan Sapi. Semua ikon tersebut menjadi satu, melingkar, dan bisa berputar. Di tengahnya ada ukiran angka kategori

race. Di baliknya ada ukiran logo Surabaya Marathon dan batik.

”Karena Surabaya Marathon ini lari mengelilin­gi kota, kami membuat medali yang bisa memaknai hal itu. Agar para peserta selalu teringat pernah lari di kota ini,” imbuhnya.

Seperti tahun lalu, setelah berlari sepanjang siang, peserta berkesempa­tan menikmati gala dinner bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. Acara tersebut dihelat Minggu (12/8) pukul 18.00 WIB di Balai Kota Surabaya. Peserta diimbau untuk mengenakan batik atau pakaian bebas dan rapi.

Ketua APPBI Sutandi Purnomosid­i berharap Surabaya Marathon berlangsun­g sukses. ”Karena ini bukan hanya milik APPBI. Ini merupakan event warga Kota Surabaya. Mereka turut serta dan meramaikan acara ini,” tutur Sutandi.

Dia menambahka­n, Surabaya Marathon bukan sekadar event lari, melainkan juga media promosi bagi Kota Pahlawan. Sebab, peserta datang dari berbagai negara. ”Surabaya Marathon akan menjadi event tahunan yang diselengga­rakan tiap bulan Agustus. Sekaligus untuk memperinga­ti hari kemerdekaa­n Indonesia,” imbuhnya.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? UKIRAN IKON: Dari kiri, Sutandi Purnomosid­i, Fransisca M. Budiman, Nelwin Holing, dan Ng Willy Widjaja menunjukka­n medali tiap kategori Surabaya Marathon 2018 Kamis lalu (2/8).
GHOFUUR EKA/JAWA POS UKIRAN IKON: Dari kiri, Sutandi Purnomosid­i, Fransisca M. Budiman, Nelwin Holing, dan Ng Willy Widjaja menunjukka­n medali tiap kategori Surabaya Marathon 2018 Kamis lalu (2/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia