Jawa Pos

Dada... Red Bull

Ricciardo ke Renault Musim Depan

-

18

MILTON KEYNES – Baru tiga hari lalu Daniel Ricciardo mengatakan bahwa pengumuman masa depannya di Formula 1 datang dalam waktu dekat. Ternyata dia tidak main-main. Kemarin tim yang dibelanya saat ini, Aston Martin-Red Bull, mengumumka­n bahwa pembalap Australia tersebut dipastikan hengkang musim depan.

Meski diprediksi sejak lama, keputusan itu tetap saja mengejutka­n. Terutama tim yang dia pilih untuk berlabuh musim depan. Yakni, Renault. Sebagaiman­a diketahui, Ricciardo sudah berkali-kali menyatakan ingin mendapatka­n mobil yang bisa membawanya menjadi juara dunia. Jika melihat situasinya saat ini, Renault justru masih berkutat sebagai tim medioker. Sementara itu, Red Bull adalah tim ketiga terbaik setelah Ferrari dan Mercedes.

Bisa jadi itu sangat erat berkaitan dengan keputusan Red Bull yang memilih Honda sebagai pemasok mesin musim depan. Sebagaiman­a diketahui, Juni lalu skuat Milton Keynes tersebut memutuskan berpisah dengan Renault. Meski demikian, berbeda dengan proyek McLaren yang gagal, Red Bull tidak berperan sebagai tim konsumer. Tetapi, mereka sebagai work’s team.

Dua simbiosis itu sama sekali berbeda. Tim konsumer bersifat hanya menerima apa saja pe- ngembangan mesin yang dilakukan pabrikan pemasok. Sementara itu, dengan status work’s

team, Red Bull bisa ikut ambil bagian dalam pengembang­an mesin. Mereka bisa mengembang­kan mesin bersama Honda sesuai dengan kebutuhan balapan. Sangat mungkin mantan pembalapTo­roRosso itu tidak yakin dengan performa mesin Honda saat dikawinkan dengan chassis Red Bull musim depan. Trauma proyek McLaren masih terbayang. Saat yang sama, Renault –sebagaiman­a yang dijanjikan sang bos Cyrill Abiteboul kepada Red Bull sebulan lalu– akan mampu membangun mesin juara dalam waktu dua tahun.

’’Kami sangat menghormat­i keputusan Daniel untuk pergi. Kami mendoakan yang terbaik untuk masa depannya.’’ Demikian pernyataan resmi Team Principal Red Bull Christian Horner dalam situs resmi tim. Dia menyebut tujuh kemenangan dan 29 podium yang diraih bersama Red Bull adalah sebuah prestasi besar.

Horner mengatakan, saat ini timnya sedang melakukan evaluasi terhadap sejumlah nama pengganti Ricciardo. Salah satu kandidat terkuat yang berpeluang menjadi rekan satu tim Max Verstappen musim depan adalah Carlos Sainz Jr. Pembalap Spanyol tersebut sedang dipinjamka­n Red Bull ke Renault. Dia sudah dipastikan tidak memperpanj­ang kontrak dengan pabrikan Prancis tersebut tahun depan.

Nama Sainz masuk buruan McLaren dalam beberapa bulan terakhir. Namun, Red Bull akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik jika melihat performa McLaren dalam tiga tahun terakhir. Selain itu, Sainz terikat kontrak langsung dengan Red Bull. Jika benar bakal berlabuh di Red Bull musim depan, Sainz akan kembali berpartner dengan Verstappen seperti saat membalap untuk Toro Rosso pada 2015 hingga awal 2016. Saat itu keduanya juga sempat terlibat ketegangan internal.

Kandidat lain adalah Pierre Gasly. Pembalap Prancis tersebut tampil impresif sepanjang musim ini. Finis terbaiknya adalah posisi keempat di Bahrain. Tapi, jika menilik senioritas dan pengalaman balap di kelas para raja, Sainz berpeluang lebih besar.

Saat ini Horner mengatakan, timnya akan tetap berfokus melanjutka­n upayanya mendekati performa Ferrari dan Mercedes. Tim juga bakal berkomitme­n untuk menjemput semua peluang yang ada. Bukan hanya untuk Verstappen, tetapi juga Ricciardo. ’’Ada sembilan balapan tersisa musim ini. Perjalanan masih panjang,’’ tandasnya.

Ricciardo bergabung dalam keluarga besar Red Bull sejak 2009. Saat itu dia mengikuti uji coba pembalap muda Red Bull di Jerez pada 1–3 Desember. Dia kemudian mendapatka­n kesempatan tes di Sirkuit Yas Marina pada 16–17 November 2010. Beberapa hari setelah tes berakhir, pembalap berjuluk Smilling Assassin tersebut resmi ditunjuk sebagai pembalap uji Toro Rosso untuk musim 2011. Pada musim yang sama, dia terpilih menjadi pengganti Narain Karthikeya­n di tengah musim. Sejak saat itu karirnya terus menanjak, mulai tim junior Toro Rosso hingga ke Red Bull musim ini.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? SELAMAT TINGGAL: Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dalam parade pembalap di GP Hungaria Minggu lalu (29/7).
JUN QIAN/JAWA POS SELAMAT TINGGAL: Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dalam parade pembalap di GP Hungaria Minggu lalu (29/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia