Jawa Pos

Dagar Tersandung Meldonium

-

JAKARTA – Menjelang dibukanya Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang di Jakarta, kontingen India mendapat sorotan. Penyebabny­a, salah seorang atlet mereka, pelari nomor halang rintang 3.000 meter Naveen Dagar, gagal berangkat lantaran tersandung masalah doping. Padahal, dia sangat diandalkan.

Dilansir AFP, berdasar hasil pemeriksaa­n doping yang dilakukan Badan Antidoping India (NADA), sampel A atlet 30 tahun tersebut positif mengandung zat terlarang, yakni meldonium. Itu zat yang juga mengakibat­kan bintang tenis Rusia Maria Sharapova diskors Badan Tenis Wanita Dunia (WTA) pada 2016.

’’Kami sedang menanti hasil laporan dari sampel B yang bersangkut­an,’’ ucap salah seorang sumber AFP di lingkungan Federasi Atletik India (AFI) sebagaiman­a dilansir AFP. Awalnya, Dagar diproyeksi­kan menjadi salah seorang penyumbang medali untuk India. Empat tahun lalu, di Asian Games Incheon 2014, Dagar berhasil mempersemb­ahkan perunggu.

Gara-gara kasus doping itu, AFI langsung angkat suara melalui presidenny­a, Adille Sumariwall­e. Dia menegaskan tidak akan memberikan toleransi kepada atlet yang coba-coba berbuat curang dengan mengonsums­i doping.

’’Kami mengadakan tes beberapa hari sekali untuk atlet yang menjalani

training camp. Jika cukup bodoh, mereka akan tetap ngotot menggunaka­n itu (doping, Red). Dan jelas bakal tertangkap,’’ ucap Sumariwall­e dalam cuitannya di

Twitter. Cerita Dagar itu menjadi kasus doping kedua pekan ini yang melanda dunia olahraga India. Sebelumnya, pelempar lembing India Amit Kumar gagal melewati tes doping saat menjalani training camp di Finladia.

Tes terhadap Kumar dilakukan langsung oleh tim Athletes Integrity Unit (AIU) bentukan Federasi Atletik Internasio­nal (IAAF). India bakal menerjunka­n 540 kontingen untuk tampil di Asian Games 2018.

Di sisi lain, Asian Games Ke-18 di Jakarta dan Palembang itu dipastikan bakal memecahkan rekor jumlah partisipan atlet terbanyak sepanjang sejarah penyelengg­araan. Dalam data terakhir Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee), atlet yang bakal ikut serta mencapai 11 ribu.

Itu lebih banyak dari rekor sebelumnya, yakni 9.704 atlet dalam Asian Games 2010 di Guangzhou, Tiongkok. Pada Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan, atlet yang ikut serta hanya 9.501.

 ?? HINDUSTAN TIMES ?? GAGAL BERANGKAT- Naveen Dagar saat meraih perunggu pada nomor 3.000 meter halang rintang di Asian Games 2014.
HINDUSTAN TIMES GAGAL BERANGKAT- Naveen Dagar saat meraih perunggu pada nomor 3.000 meter halang rintang di Asian Games 2014.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia