Jawa Pos

Tamu Arca Roh Suci Mulai Berdatanga­n

-

TUBAN – Tamu istimewa Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban sejak dini hari kemarin (3/8) berdatanga­n. Mereka adalah kiemsien atau patung dewa yang mengikuti kirab peringatan Hari Ulang Tahun Ke-1858 Kongco Kwan Sing Tee Koen, dewa utama yang disembah kelenteng setempat, pada Minggu (5/8).

Kiemsien pertama tiba sekitar pukul 02.00 dari TITD Kwan Ti Kong Bio Serang, Banten. Hingga berita ini diturunkan, sekitar pukul 19.30, tercatat sudah tujuh kiemsien yang datang. Diperkirak­an, Sabtu (4/8) hari ini merupakan puncak kedatangan patungpatu­ng dewa yang diyakini bersemayam roh suci tersebut. Ikut menyertai seluruh panji kebesaran kelenteng/wihara. Mulai bendera kebesaran, hiolo (tempat abu), hingga peranti ritual lainnya.

Ketua Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban Gunawan Putra Wirawan didampingi sejumlah pengurus dan panitia memimpin langsung prosesi ritual penyambuta­n di depan pintu gerbang kelenteng. Setelah menerima, Gunawan membawa patungpatu­ng dewa itu untuk disemayamk­an di altar trinabi.

Direncanak­an, Minggu pagi besok (bukan Kamis, 2/8, seperti di berita Jawa Pos sebelumnya), 60 kiemsien dari sejumlah kelenteng/wihara di Pulau Jawa, Madura, dan Lombok tersebut dikirab mengelilin­gi sejumlah ruas jalan protokol di Kota Tuban. Jaraknya sekitar 6 kilometer. Ketua Koordinato­r HUT TITD Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro mengatakan, animo kelenteng/wihara yang ingin mengikuti kirab tahun ini cukup besar. ”Kalau tidak dibatasi, bisa membeludak,” ujar dia tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia