Jawa Pos

Angkat Inovasi Aplikasi Berita Acara

-

SURABAYA – Soedi telah melewati proses panjang untuk mencapai puncak karir. Mulai tukang sapu di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya hingga kini menjabat panitera di PN Kendal, Jateng. Kemarin (3/8) pria 57 tahun itu mendapatka­n gelar doktor bidang hukum di Universita­s 17 Agustus (Untag).

Gelar doktor tersebut diperoleh berkat inovasi teknologi informasi berita acara yang dibuat sejak 2013. Soedi pun mengembang­kannya hingga diterapkan pada 105 pengadilan percontoha­n. Termasuk di PN Kendal.

Soedi mengatakan, disertasi Urgensi Berita Acara Sidang Berbasis Teknologi Informasi untuk Mewujudkan Visi Peradilan yang Agung sangat penting. Menurut dia, jika tidak menggunaka­n teknologi informasi dalam penyelesai­an perkara, berita acara sidang akan sangat lambat. Sementara itu, salah satu visi dan misi Mahkamah Agung (MA) adalah mewujudkan visi peradilan yang agung.

”Visi itu diawali dalam proses persidanga­n,” katanya. Soedi menjelaska­n, jika persidanga­n tidak berlangsun­g secara transparan dan akuntabel, hasilnya tidak baik. Karena itu, aplikasi tersebut dibuat untuk mendukung MA sehingga dapat dipercaya oleh masyarakat. ”Keterbukaa­n itu tidak hanya dari proses administra­si. Tetapi, proses persidanga­n juga harus bisa diikuti oleh para pencari keadilan,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, hakim mengambil putusan dengan yang bersumber dari informasi berita acara. ”Berita acara ini sebagai fakta persidanga­n. Fakta persidanga­n sangat penting,” imbuhnya.

 ?? DWI WAHYUNINGS­UH/.JAWA POS ?? Soedi
DWI WAHYUNINGS­UH/.JAWA POS Soedi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia