Jawa Pos

Trotoar Jalan Kartini–Diponegoro Segera Rampung

-

SURABAYA – Warga Surabaya bisa segera menikmati jalur pedestrian baru di Jalan Kartini– Diponegoro. Proyek yang dimulai Maret lalu tersebut kini memasuki tahap akhir. Sejumlah pekerja memasang keramik untuk memperinda­h tampilan jalur untuk pejalan kaki itu kemarin (3/8).

Trotoar itu melanjutka­n pembanguna­n trotoar baru di Jalan Kartini. Yakni, dimulai dari pertigaan Jalan Ir Anwari–Kartini hingga pertigaan Jalan Diponegoro–W.R. Supratman. Panjangnya hampir 1 kilometer. Lebar sisi kiri dan kanan masing-masing 3 meter.

Pengerjaan lebih cepat di sisi selatan. Seluruh keramik sudah rapi terpasang. Sebaliknya, semakin menuju utara ke Jalan Kartini, tampak beton yang belum dipasangi keramik. Selain itu, beberapa lubang berbentuk persegi masih menganga di sisi trotoar. ”Nanti diberi penutup dari besi,” ujar Hariyanto, petugas Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP).

Selain memberikan kenyamanan untuk pejalan kaki, trotoar baru itu mengurangi genangan air yang terjadi saat hujan deras di Jalan Diponegoro. Sebab, sebelum dibangun jalur pedestrian, di bawahnya telah terpasang box culvert. Dengan demikian, air yang tertampung bisa lebih banyak.

Menurut pantauan Jawa Pos, dalam beberapa menit, banyak warga yang lalu lalang di sisi proyek tersebut. Akibatnya, mereka terpaksa harus melewati badan jalan.

Proyek tersebut seharusnya rampung akhir Juli lalu. Sejumlah hambatan dihadapi petugas di lapangan. Misalnya, pemindahan pipa PDAM dan banyaknya bangunan usaha di sekitarnya.

 ?? AHMAD DIDIN/ JAWA POS ?? TAHAP AKHIR: Sejumlah pekerja menyelesai­kan pemasangan keramik di jalur pedestrian Jalan Diponegoro kemarin.
AHMAD DIDIN/ JAWA POS TAHAP AKHIR: Sejumlah pekerja menyelesai­kan pemasangan keramik di jalur pedestrian Jalan Diponegoro kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia