Jawa Pos

Tangkap Tiga Kurir Jaringan Lapas

-

SURABAYA – Satu demi satu peredaran narkoba jaringan lapas diberedel. Asep Ibrahim, Eka Diana, dan Ismono Sujatmiko dicokok petugas BNN Provinsi Jatim setelah ketahuan membawa total 1,044 kg sabu-sabu (SS) Kamis (2/8). Mereka jadi kaki tangan napi Lapas Tanjungpin­ang, Kepri, dan Lapas Porong.

BNNP Jatim menemukan pola baru dalam penangkapa­n kali ini. Yakni, adanya perubahan rute pengiriman ke Surabaya. Yang biasanya dikirim dari tiga jalur utara dan barat, kini justru dikirim dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengiriman dari timur Pulau Jawa itu sangat jarang dilakukan. Para bandar ditengarai mencoba rute baru untuk menghindar­i sergapan petugas. ’’Mulai coba main-main mereka. Tapi, ya tetap terbaca,’’ ujar Kabid Pemberanta­san BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra kemarin (3/8).

Penangkapa­n tiga tersangka itu merupakan hasil pengembang­an penyidikan dari tangkapan sebelumnya. Pada 20 Juli petugas menangkap seorang bandar berinisial JPS di Sedati, Sidoarjo. Saat itu SS yang dibawa tidak begitu banyak. Hanya 244,93 gram. Lembaga antimadat tersebut lantas memutuskan menunggu pengiriman selanjutny­a. ’’Barang bukti yang belum signifikan waktu itu. Akhirnya nyanggong selanjutny­a saja,’’ ungkap Wisnu.

Berdasar hasil pemeriksaa­n sementara, Asep dan Diana merupakan kekasih dadakan. Mereka baru saja memadu kasih sepekan terakhir. Mereka dikenalkan atasannya yang kini masih jadi napi. Asep dan Diana merupakan boneka seorang napi di Lapas Tanjungpin­ang, Kepri. dari tangan dua orang itu, petugas menyita 800 gram sabu-sabu.

Selanjutny­a, mereka juga membekuk Iswono Sujatmiko.Warga Dupak Bangunrejo tersebut merupakan kaki tangan seorang napi Lapas Porong. ’’Napi Lapas Porong itu namanya Kuryadi,’’ jelas Wisnu. Para kurir tersebut dijanjikan pembayaran Rp 4 juta–Rp 10 juta jika berhasil memasukkan barang ke Surabaya.

Tim penindakan lantas melakukan pengembang­an ke Lapas Porong. Sementara itu, Wisnu kini bersama tim lain menuju ke Tanjungpin­ang. ’’Ini kami di Tanjungpin­ang, doakan segera ada hasil positif,’’ paparnya.

 ?? BNNP JATIM ?? KETAHUAN: Asep (tiga dari kanan) dan Diana (kanan) saat digerebek Kamis lalu (2/8).
BNNP JATIM KETAHUAN: Asep (tiga dari kanan) dan Diana (kanan) saat digerebek Kamis lalu (2/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia