Jawa Pos

BUMBU SIMPEL TETAP DELIZIOSO Ragam Masakan Khas Italia

Makanan Italia sudah akrab di lidah orang Indonesia. Selain spaghetti bolognese dan fettuccine carbonara, Italia punya banyak makanan khas yang, hhmmm... Delizioso!

-

ITALIA adalah negara dengan wilayah yang cukup luas. Membentang mulai Pegunungan Alpen hingga kawasan Mediterani­a yang beriklim subtropis. Tiap daerah memiliki makanan khas. Roma terkenal dengan produksi tomat yang segar, merah, dan berdaging tebal. Salah satu menu khasnya adalah caprese. Yakni, potongan tomat yang disajikan dengan keju mozzarella dan daun basil.

Ada pula Portofino, desa nelayan yang kaya akan hasil laut. Desa itu terkenal dengan seafood segarnya. ’’Kemudian, diolah menjadi beragam menu. Salah satunya, zuppa di cacciucco,’’ kata Ni Ketut Bhakti, service manager Portofino di Shangri-La Hotel Surabaya.

Zuppa di cacciucco adalah sup yang berisi beragam jenis seafood. Ada cumi-cumi, kerang, dan scallop. Seafood tersebut disajikan dengan kuah dari kaldu shellfish dan saus

tomato pronto (saus tomat konsentrat kalengan). Rasanya sangat segar karena perpaduan seafood yang fresh dan kuah yang sedikit asam.

Menu lainnya adalah spaghetti alla frutti di mare. Serupa dengan

zuppa di cacciucco, menu itu me- manfaatkan aneka seafood. ’’Creamy dan fresh dari seafood berpadu dengan spageti yang cukup mengenyang­kan,’’ terang Bhakti.

Bagi yang tidak terlalu suka seafood, ada pilihan menu pollo ai sapori. Bahan dasarnya adalah baby chicken utuh yang di-marinate dengan olive oil, bawang putih cincang, mustard, garam, dan lada. ’’Bumbu makanan Italia memang lebih simpel ketimbang Indonesia. Mainnya black pepper, salt, dan herbs sejenis rosemary dan bay leaf untuk menunjang rasa,’’ jelas Bhakti.

Ayam tersebut dipanggang selama 45 menit. Hasilnya adalah ayam yang empuk dan juicy meski berbumbu simpel. Rasanya gurih, kulit luarnya krispi. Menu itu biasanya disajikan tanpa saus apa pun karena rasanya sudah sangat nikmat. Tapi, kalau ingin, gravy sauce bisa juga disajikan. Yakni, saus yang dibuat dari juice yang keluar ketika ayam dipanggang.

Untuk hidangan penutup, ada tiramisu. Cara membuatnya mudah karena tak membutuhka­n proses memanggang. Bahan-bahannya juga simpel. ’’Tapi, rasanya bisa melengkapi cita rasa khas Italia dengan sempurna,’’ ucap Bhakti.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ??  ??
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia