Jawa Pos

Mantan Rider Moto2 Beri Kejutan

-

CHENNAI – Bisa jadi sudah banyak yang melupakan nama Rafid Topan Sucipto. Dia adalah satu di antara sedikit pembalap Indonesia yang pernah mencicipi sangarnya pertarunga­n di level balap dunia Moto2. Nama dia kembali bersinar setelah mengibarka­n Merah Putih di podium teratas pada race kedua Asia Road Racing Championsh­ips (ARRC) kelas Asia Production (AP) 250 cc di Chennai, India, kemarin (5/8).

Topan menyumbang­kan kemenangan perdana bagi tim Yamaha KYT TJM WR Super Battery. Dalam balapan yang berlangsun­g 12 lap tersebut, Topan membukukan waktu 22 menit 0,544 detik. Kemenangan yang mengejutka­n. Sebab, rider 23 tahun tersebut sebelumnya selalu gagal menembus lima besar. Finis terbaik dia adalah urutan ketujuh.

Bukan hanya Topan yang berdiri di podium kemarin. Rider Indonesia lainnya, Andy Muhammad Fadly (Manual Tech KYT Kawasaki Racing), menempati posisi runner-up. Dia terpaut sangat tipis 0,142 detik di belakang Topan. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Anupab Sarmon, rider berpengala­man asal Thailand, bersama Yamaha Thailand Racing Team.

Di tikungan ketiga lap terakhir, Topan dan Andy terlihat sengit memperebut­kan posisi pertama. Bahkan, siku keduanya sempat bersenggol­an. Beruntung, mereka tetap mempertaha­nkan posisinya. Hingga akhir balapan, Andy tidak bisa melewati Topan.

’’Saya konsentras­i penuh di lap terakhir. Tadi (kemarin, Red) sempat ada kendala dengan Fadly. Dia mencoba line baru. Tetapi, saya punya strategi untuk mengatasi line dia,’’ ujar Topan.

Di sisi lain, Andy mengakui race kedua kemarin berlangsun­g cukup berat baginya. ’’Saya mencoba melewati batas kemampuan dan akhirnya bisa di posisi ini,’’ tutur Andy.

Sementara itu, dua rider Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens dan Mario Suryo Aji, yang sebelumnya menguasai race pertama harus terlempar dari persaingan. Rezha terjatuh dan harus berjuang dari posisi belakang, selanjutny­a finis di posisi ke-17. Adapun Mario terjatuh pada lap ketiga.

Di tabel klasemen pembalap sementara, Rheza masih memimpin dengan membukukan 148 poin. Disusul Mario dengan meraih 122 poin. Pada peringkat ketiga, ada Anupab (108 poin).

 ??  ??
 ?? ARRC ?? PODIUM PERTAMA: Pembalap Indonesia Rafid Topan Sucipto menjuarai Race 2, kelas AP 250 ARRC di Chennai, India, kemarin (5/8)
ARRC PODIUM PERTAMA: Pembalap Indonesia Rafid Topan Sucipto menjuarai Race 2, kelas AP 250 ARRC di Chennai, India, kemarin (5/8)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia