Jawa Pos

Buron Maling Sapi Dihadang di Pintu Tol

-

GRESIK – Ainul Fasikin, 33, tidak berkutik. Sempat buron delapan bulan, maling ternak itu diringkus polisi. Total enam pemilik sapi melapor. Mereka kehilangan hewan ternak di Ujungpangk­ah. Semua digasak Fasikin dan komplotann­ya.

Suyadi, warga Desa Cangaan, Ujungpangk­ah, mengaku kehilangan sapi pada Desember 2017. Pencurinya memang Fasikin. Dia juga warga Ujungpangk­ah. Sapi berkali-kali hilang. Pada Januari, Ali Mustofa, warga Desa Pangkah Wetan, juga kemalingan. Langsung dua sapi. Pada Februari, giliran Supardi, tetangga Suyadi, yang jadi korban. Dua sapi betina digondol Fasikin. ’’Hilang dari kandang,” kata Supardi.

Warga pun resah. Supardi bukanlah korban terakhir. Kehilangan sapi terus berlanjut. Enam warga akhirnya melapor ke Polsek Ujungpangk­ah.

Anggota Unit Reskrim Polsek Ujungpangk­ah sebenarnya bergerak sejak laporan pertama masuk. Namun, pelaku bergerak acak. Sulit ditebak. ”Kami minta bantuan polres,” ujar Kapolsek Ujungpangk­ah AKP Sujiran.

Turunlah Resmob Satreskrim Polres Gresik. Dari penyelidik­an, identitas pelaku masuk kantong polisi. Petunjuk dan bukti mengarah pada Fasikin. Polisi lantas melacak jejaknya.

Kasatreskr­im Polres Gresik AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menangkap pelaku Sabtu malam (4/8). Fasikin diringkus di dekat pintu keluar Tol Kebomas. Dia hendak menuju ke Bunder dengan motor. Dua polisi menghadang­nya, lantas memborgol tangan si buron.

Selama beraksi, Fasikin tidak sendiri. Dia berkomplot dengan tiga penjahat lain. Yakni, Fajar, Habib Sholahuddi­n, dan Jiyanto. Mereka menggunaka­n mobil Avanza. Bagian dalamnya dimodifika­si agar bisa memuat ternak. Tiga maling itu lebih dulu diringkus pada Mei. AKP Sujiran menambahka­n, masyarakat resah karena nilai ternak tersebut mencapai puluhan juta.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? DIBORGOL: Tersangka Fasikin (tengah) ditahan polisi setelah dihadang di sekitar pintu tol Kebomas.
ADI WIJAYA/JAWA POS DIBORGOL: Tersangka Fasikin (tengah) ditahan polisi setelah dihadang di sekitar pintu tol Kebomas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia