Jawa Pos

Teguhkan Ikrar Setia 60 Tahun Bersama

Cara Ken dan Ismiati Syukuri Kelanggeng­an Pernikahan­nya

-

SURABAYA - Berdua kami menghadapM­u dengan langkah pasti. Paduan suara membawakan lagu Berdua Kami Menghadap-Mu menyambut Martinus Ken Ghiedayat Setiono, 87, dan Margareth Ismiyati Sutanti, 85, memasuki altar Gereja Santa Maria Tak Bercela.

Tak diiringi bridesmaid atau groomsmen layaknya pernikahan pada umumnya, Ken dan Ismiyati justru diiringi anak-anaknya. Ya, Ken dan Ismiyati mengulang memori pernikahan mereka dengan mengadakan misa peneguhan ikrar setia pada usia pernikahan ke-60 Sabtu lalu (4/8).

Dipimpin RD Alexius Kurdo Irianto, misa tersebut menggunaka­n tata cara liturgi lengkap dalam pernikahan Katolik. ”Awalnya kami hanya ingin yang sederhana, tapi Romo Kurdo sangat antusias sampai menyiapkan liturgi lengkap,” ucap Imawati Setiono, putri pertama pasangan Ken dan Ismiyati.

Perayaan kebersamaa­n selama 60 tahun memang jarang dilakukan. ”Kebanyakan memang 50 tahun. Jadi, 60 tahun ini momen langka untuk dirayakan bersama,” ungkap Stephen Tan, event director Project Art Plus Wedding & More.

”Aku berjanji akan semakin mencintaim­u,” kata Ken saat membacakan janji perkawinan­nya. ”Karena cinta Tuhan yang telah kuterima, juga melalui engkau, dengan penuh sesal atas segala kesalahank­u selama ini,” ujar Ismiyati, membalas janji perkawinan yang diutarakan Ken.

Keduanya kembali menjalani momen bertukar cincin. Kecupan manis Ken kepada sang istri menuai haru para hadirin.

Misa tersebut merupakan cara yang diinginkan Ismiyati dalam menjalani momen pertambaha­n usia pernikahan­nya yang ke-60. ”Mami hanya ingin perayaan yang sederhana. Ini cara untuk bersyukur pada Tuhan,” imbuh Ima, sapaan akrab Imawati.

Persiapan acara yang dihadiri kerabat dekat dan keluarga tersebut pun mendadak. ”Hanya 10 hari,” kata Ima.

Keluarga juga menyiapkan pernakpern­ik layaknya seremoni pernikahan. Sebut saja, cincin pernikahan, buku misa, dan suvenir.

 ?? 0201 PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS ??
0201 PHOTOGRAPH­Y FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia