RSPAD Siapkan Fasilitas Terbaru

Untuk Pemeriksaan Kesehatan Capres

Jawa Pos - - POLITIKA -

JAKARTA – RSPAD Gatot Soebroto kembali menjadi lokasi tes kesehatan para capres dan cawapres yang akan bertarung pada Pemilu 2019. Kemarin (7/8) KPU mendatangi rumah sakit tersebut untuk mengecek persiapan menyambut kedatangan para kandidat. Pihak RSPAD memastikan semua peralatan sudah siap.

Ketua KPU Arief Budiman hadir bersama Komisioner KPU Ilham Saputra dan Pramono Ubaid Tanthowi. Mereka diterima langsung oleh Kepala RSPAD Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad. Dia mengajak para komisioner berkeliling ruang medical checkup dan laboratorium yang sejak kemarin tidak lagi melayani pasien umum untuk sementara waktu.

Terawan menjelaskan, untuk melayani para capres, pihaknya menggunakan peralatan dengan teknologi terbaru. Baik treadmill, alat uji sampel darah, maupun yang lainnya. ”Tempat tidurnya pun baru dan belum pernah digunakan,’’ terangnya. Diharapkan, itu bisa membuat para kandidat lebih nyaman pada saat pemeriksaan kesehatan.

Alat uji sampel darah, misalnya, diletakkan di laboratorium yang ditutup kaca bening sehingga terlihat dari luar. Untuk mengirim darah dari ruang tes kesehatan ke laboratorium yang berjarak sekitar 100 meter, tidak perlu meng- gunakan tenaga manusia. Sudah tersedia pneumatic cup berupa tabung yang akan dikirimkan otomatis lewat pipa khusus langsung ke laboratorium.

Sementara itu, Arief menyatakan puas dengan penjelasan RSPAD maupun IDI. Menurut dia, peralatan di RSPAD sangat memadai untuk tes kesehatan para kandidat. Selain itu, SDM dokter sudah siap. ’’Tadi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) juga sudah membawa hampir semua dokter yang akan menjadi tim pemeriksa,’’ ujarnya.

Dia hanya meminta IDI maupun RSPAD siap setiap saat untuk menjalankan tes kesehatan. ’’Karena bakal calon presiden dan calon wakil presiden ini kan bisa mendaftar setiap saat,’’ lanjut alumnus SMAN 9 Surabaya itu.

FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

PERLAKUAN KHUSUS: Ketua KPU Arief Budiman (tengah) meninjau persiapan RSPAD Gatot Soebroto untuk pemeriksaan kesehatan capres-cawapres dengan ditemani Kepala RSPAD Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (kanan) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.