Jawa Pos

Dana Desa Bengkulu Naik Rp 283,6 Miliar

-

MENTERI Desa, Pembanguna­n Daerah Tertinggal, dan Transmigra­si Eko Putro Sandjojo BSEE MBA berjanji menaikkan porsi kucuran dana desa (DD) untuk Provinsi Bengkulu minimal sebesar 30 persen pada 2019. Ini merupakan kabar baik bagi 1.341 desa yang tersebar di sembilan kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Jika dilihat dari jumlah DD saat ini yang mencapai Rp 945,6 miliar, Provinsi Bengkulu akan mendapatka­n alokasi tambahan minimal Rp 283,6 miliar atau total menjadi Rp 1.229,2 triliun. ’’Presiden melihat progres pembanguna­n melalui DD sehingga akan ditambah tahun depan. Untuk Provinsi Bengkulu akan saya alokasikan paling besar dengan kenaikan minimal 30 persen,” ujarnya kemarin (6/8).

Hal itu disampaika­n Menteri Eko saat datang ke Bengkulu Utara (BU) untuk meresmikan pembanguna­n boulevard dan Islamic Centre di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lagita, yang menjadi program percontoha­n bidang transmigra­si. Menteri kelahiran Jakarta, 21 Mei 1965, itu memastikan BU akan mendapatka­n kenaikan DD terbesar hingga 35 persen dibandingk­an tahun ini yang mencapai Rp 146,7 miliar.

Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan bantuan bagi BUMDes dan pelajar untuk pengembang­an BUMDes dan pendidikan masyarakat. ’’Dengan adanya DD dan BUMDes, angka kemiskinan di desa-desa jauh menurun. Makanya, presiden mendukung bukan hanya melanjutka­n, tapi menambah besaran DD,” terangnya.

Dia meminta DD tidak hanya difokuskan untuk pembanguna­n infrastruk­tur di desa-desa, tapi juga dialokasik­an untuk BUMDes sehingga ke depan desa-desa memiliki usaha yang menjadi sumber pendapatan dan membangun ekonomi dari desa. ’’Bayangkan, ada desa yang pendapatan BUMDesnya sudah lebih tinggi dari jumlah DD yang diterima. Ini harus dicontoh desa-desa di Provinsi Bengkulu,” katanya.

Di lokasi tersebut, Eko juga memberikan bantuan uang pendidikan kepada siswa bekerja sama dengan BUMN. Selain itu, dia memberikan tambahan uang Rp 50 juta masing-masing untuk tiga desa dalam hal pengembang­an BUMDes di desanya.

 ?? KEMENDES FOR JAWA POS ?? MEMBAWA KABAR BAIK: Menteri Desa, Pembanguna­n Daerah Tertinggal, dan Transmigra­si Eko Putro Sandjojo BSEE M.BA mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bengkulu.
KEMENDES FOR JAWA POS MEMBAWA KABAR BAIK: Menteri Desa, Pembanguna­n Daerah Tertinggal, dan Transmigra­si Eko Putro Sandjojo BSEE M.BA mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bengkulu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia