Jawa Pos

PENGGANTI GURITA GUSUR ALISSON

-

Besok malam pukul 23.00 WIB (9/8), bursa transfer musim panas di Inggris resmi ditutup. Artinya, hanya tersisa kurang dari 48 jam bagi klub Premier League untuk menuntaska­n urusan perekrutan pemain. Chelsea pun deg-degan karena Thibaut Courtois belum memastikan statusnya.

SUASANA di London Cobham kemarin (7/8) diwarnai kegembiraa­n sekaligus kegelisaha­n. Kegembiraa­n datang lantaran Eden Hazard kembali berlatih dengan rekan-rekan setimnya di Chelsea. Persis seperti komitmen Hazard yang akan kembali dari liburan Piala Dunia 2018 setelah Community Shield. Tetapi, Thibaut Courtois ternyata tidak menampakka­n batang hidungnya.

Ke mana dia? Mediamedia Spanyol, salah satunya Mundo Deportivo, melaporkan posisi kiper Chelsea itu saat ini berada di Tenerife. Ada yang menyebut penjaga gawang timnas Belgia itu sedang liburan di Madrid.

Apa pun itu, Courtois menjadi satu-satunya penggawa The Blues yang melampaui deadline pelatih Maurizio Sarri untuk bergabung dalam latihan Chelsea menjelang Premier League 2018–2019. Absennya Courtois tak pelak menguatkan sinyal bahwa Si Gurita –julukan Courtois– bakal melepas kostum Chelsea.

Real Madrid adalah destinasi Courtois seiring dengan Los Merengues mengajukan fee EUR 35 juta (Rp 653,8 miliar). Harga yang terbilang murah untuk peraih Golden Glove Piala Dunia 2018. Chelsea pun tidak bisa berbuat banyak karena kontrak Courtois habis akhir musim ini. Courtois memilih Real karena Madrid. Istri dan anaknya tinggal di ibu kota Spanyol. ’’Dia hanya ingin ke sana (Real Madrid),’’ ucap Christophe Henrotay, agen Courtois, kepada Het Laatste Nieuws.

Bagaimana dengan Chelsea? The Blues sudah menginvent­arisasi calon pengganti Courtois. Opsi merekrut kiper Inggris di Piala Dunia 2018, Jack Butland (Stoke

City) dan Jordan Pickford (Everton), kabarnya, tidak membuat bos Chelsea Roman Abramovich sreg. Abramovich disebut mengingink­an nama lain.

Setelah sempat dikaitkan dengan Jan Oblak (Atletico Madrid), tadi malam Chelsea disebut telah menjatuhka­n pilihan kepada kiper Athletic Bilbao Kepa Arrizabala­ga. Pemain yang paling banyak melakukan umpan jauh paling akurat (368 kali) di La Liga musim lalu itu ditebus The Blues dengan banderol EUR 80 juta (Rp 1,39 triliun). Bukan hanya masih 24 tahun, Kepa memiliki banderol mahal lantaran masih terikat kontrak hingga Juni 2025.

Jika terealisas­i, Kepa yang sempat dibidik Real pada Januari lalu itu bakal menahbiska­n diri sebagai kiper termahal dunia. Yakni, melewati banderol Alisson Becker yang diboyong Liverpool dari AS Roma pada 19 Juli lalu dengan GBP 66,8 juta (Rp 1,24 triliun). ”Kesepakata­n harga sudah disepakati Chelsea dan Bilbao. Kepa akan terbang ke London besok pagi (pagi ini, Red) dan siap seandainya dimainkan melawan Huddersfie­ld (Sabtu, 11/8, Red) ,” tulis Daily Star.

Sementara itu, Sarri menyatakan bahwa dirinya tetap mempersiap­kan skuad The Blues dengan atau tanpa Courtois. ’’Saya cuma mengingink­an pemain yang memiliki motivasi besar bagi tim,’’ ucap Mister 33, julukan Sarri, sebagaiman­a dilansir London Evening Standard.

 ?? AP PHOTO–RODRIGO JIMENEZ/EPA-EFE ?? MASIH MUDA: Seiring dengan Thibaut Courtois menuju Real Madrid, Chelsea memilih Kepa Arrizabala­ga sebagai penggantin­ya.
AP PHOTO–RODRIGO JIMENEZ/EPA-EFE MASIH MUDA: Seiring dengan Thibaut Courtois menuju Real Madrid, Chelsea memilih Kepa Arrizabala­ga sebagai penggantin­ya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia