Jawa Pos

Senior Sarankan Ubah Kultur

-

HUERELHO Gomes (kiper Watford) dan Fernandinh­o (gelandang Manchester City) mempunyai peran besar buat para Brasileiro muda yang berkompeti­si di Premier League. Gomes yang sudah delapan musim bermain di Premier League sering memberikan petuah kepada juniornya. Terutama kiat untuk beradaptas­i cepat dengan kultur Inggris.

’’Bermain di Inggris bukan berarti kalian tidak akan meraih kesuksesan seperti di La Liga (Spanyol) atau Serie A (Italia). Kalian bisa sukses jika datang dengan mental yang benar dan tak beranggapa­n kultur Brasil akan cocok diterapkan di Inggris,” saran kiper 37 tahun itu kepada juniornya seperti dikutip Globo Esporte.

Dari tulisan Bleacher Reports kemarin (7/8), misalnya. Pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson pernah marah kepada pemainnya, Kleberson, karena ulah konyolnya. Pada turnamen pramusim 2004, Kleberson membawa ayah mertuanya untuk bergabung dengan skuad United kala itu.

’’Kalau tidak mengubah kultur tersebut, kamu tak akan bisa keluar dari kenyamanan hidup di tanah air (Brasil, Red.). Artinya, kamu akan selalu rindu rumah,’’ tutur Gomes.

Cara yang dilakukan Fernandinh­o beda lagi. Pemain 33 tahun itu selalu membuka rumahnya untuk rekan-rekan senegarany­a. Fernandinh­o bahkan kerap menjadi ketua panitia tidak resmi penyambuta­n Brasileiro anyar di Inggris.

’’Setiap sebulan sekali para pemain Brasil yang tinggal di Manchester, entah itu bermain untuk City atau United, akan bertemu di kediaman Fernandinh­o,’’ tulis

Globo Esporte.

Di sisi lain, komunitas pemainpema­in Brasil di Eropa pun sesungguhn­ya sangat kuat. Menurut

Daily Mail, sang pemain termahal dunia, Neymar, saat ini bahkan mengirimka­n undangan kepada gelandang Everton Richarliso­n untuk hadir di acara pengumuman pemain terbaik FIFA pada 24 September mendatang di London. (dra/c20/bas)

 ?? MCFC ?? NGEMONG: Fernandinh­o (kiri) merangkul juniornya, Gabriel Jesus, setelah laga bersama Manchester City.
MCFC NGEMONG: Fernandinh­o (kiri) merangkul juniornya, Gabriel Jesus, setelah laga bersama Manchester City.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia