Senior Sarankan Ubah Kultur

Jawa Pos - - TOTAL FOOTBALL -

HUERELHO Gomes (kiper Watford) dan Fernandinho (gelandang Manchester City) mempunyai peran besar buat para Brasileiro muda yang berkompetisi di Premier League. Gomes yang sudah delapan musim bermain di Premier League sering memberikan petuah kepada juniornya. Terutama kiat untuk beradaptasi cepat dengan kultur Inggris.

’’Bermain di Inggris bukan berarti kalian tidak akan meraih kesuksesan seperti di La Liga (Spanyol) atau Serie A (Italia). Kalian bisa sukses jika datang dengan mental yang benar dan tak beranggapan kultur Brasil akan cocok diterapkan di Inggris,” saran kiper 37 tahun itu kepada juniornya seperti dikutip Globo Esporte.

Dari tulisan Bleacher Reports kemarin (7/8), misalnya. Pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson pernah marah kepada pemainnya, Kleberson, karena ulah konyolnya. Pada turnamen pramusim 2004, Kleberson membawa ayah mertuanya untuk bergabung dengan skuad United kala itu.

’’Kalau tidak mengubah kultur tersebut, kamu tak akan bisa keluar dari kenyamanan hidup di tanah air (Brasil, Red.). Artinya, kamu akan selalu rindu rumah,’’ tutur Gomes.

Cara yang dilakukan Fernandinho beda lagi. Pemain 33 tahun itu selalu membuka rumahnya untuk rekan-rekan senegaranya. Fernandinho bahkan kerap menjadi ketua panitia tidak resmi penyambutan Brasileiro anyar di Inggris.

’’Setiap sebulan sekali para pemain Brasil yang tinggal di Manchester, entah itu bermain untuk City atau United, akan bertemu di kediaman Fernandinho,’’ tulis

Globo Esporte.

Di sisi lain, komunitas pemainpemain Brasil di Eropa pun sesungguhnya sangat kuat. Menurut

Daily Mail, sang pemain termahal dunia, Neymar, saat ini bahkan mengirimkan undangan kepada gelandang Everton Richarlison untuk hadir di acara pengumuman pemain terbaik FIFA pada 24 September mendatang di London. (dra/c20/bas)

MCFC

NGEMONG: Fernandinho (kiri) merangkul juniornya, Gabriel Jesus, setelah laga bersama Manchester City.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.