Jawa Pos

Penjaga Konsistens­i Maung Bandung

Pelatih Terbaik Juli

-

SEMPAT tidak meyakinkan pada awal musim, Persib Bandung bangkit dengan gilang gemilang pada akhir paro musim pertama. Selama Juli, Maung Bandung tidak pernah kalah. Di bawah kepemimpin­an pelatih Mario Gomez, mereka merebut empat kemenangan dan dua kali imbang.

Hingga Agustus, mereka belum terkalahka­n dalam tujuh laga terakhir. Kali terakhir tumbang ketika kalah oleh Persija Jakarta 0-1 (30/6). Karena itu, saat ini mereka memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan meraih 35 poin dari 19 laga. Persib unggul lima angka atas dua pesaing terdekatny­a, PSM Makassar dan Madura United.

Acungan jempol lawan diberikan kepada Gomez. Pelatih asal Argentina itu bisa mengubah penyakit lawas Persib, yakni labil. Sebelumnya, Persib punya tren setelah dua hasil positif biasanya bakal kalah pada laga ketiga. Performa tim sering naik turun.

Selain itu, jika dibandingk­an dengan musim lalu, saat ini skuad Persib kalah mewah. Justru Gomez mampu memunculka­n bintang-bintang baru dalam diri Ardi Idris, Ghozali Siregar, hingga Indra Mustafa. Bahkan, kapten Supardi Nasir yang berusia 35 tahun kembali menunjukka­n performa terbaiknya di posisi yang berbeda. Bukan lagi bek kanan, melainkan winger kanan.

Pelatih yang membawa Johor Darul Takzim dua kali beruntun juara Liga Super Malaysia pada 2015 dan 2016 tersebut menilai, banyaknya pemain muda membuat skuad lebih bersemanga­t. Apalagi, komunikasi dengan pemain senior tetap terjaga. ’’Mereka harus berkembang. Tim harus terus bertumbuh dan berlanjut secara kolektif,’’ katanya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? (Persib Bandung) Menang Seri Kalah Kebobolan 4 2 Gol 11 7
ANGGER BONDAN/JAWA POS (Persib Bandung) Menang Seri Kalah Kebobolan 4 2 Gol 11 7

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia