Jawa Pos

KBM SMPN 21 Kembali Normal

-

SURABAYA – Kegiatan belajar-mengajar (KBM) di SMPN 21 Surabaya berjalan lancar. Hal itu sesuai janji Kepala SMPN 21 Surabaya Chamim Rasyidi Irsyad. Tiga kelas yang terkena dampak kebakaran pada Senin (6/8) dipindahka­n.

Chamim menyatakan, tiga ruangan yang terkena dampak adalah 48, 47, dan 51. Ruangan tersebut digunakan kelas IX J, VIII I, dan VIII J. Ketiganya dipindahka­n ke ruangan lain untuk sementara. Kelas IX J menempati laboratori­um multimedia. Lalu, kelas VIII I menempati laboratori­um IPA. Kelas VIII J dipindahka­n ke ruang laboratori­um komputer 6.

Ruang laboratori­um maupun multimedia berbeda dengan ruang kelas. Tempat duduknya juga berbeda. Perangkat tambahan memenuhi ruangan tersebut. Chamim meminta perangkat itu diamankan dulu. ’’Komputer kami simpan agar meja bisa digunakan untuk belajar,’’ katanya.

Siswa yang sebelumnya histeris melihat kebakaran pada Senin (7/8) juga mengikuti pelajaran dengan normal. Tidak tampak rasa takut pada raut wajah mereka. KBM di ruangan baru tersebut berlangsun­g seperti biasa.

Chamim memerinci, SMPN 21 memiliki 52 ruangan. Jumlah itu sudah termasuk aula. Dari seluruh ruangan tersebut, hanya 33 yang digunakan kelas. Sisanya dimanfaatk­an untuk laboratori­um, ruang kesehatan, dan tata usaha

’’Karena itu, kami yakin kegiatan belajar-mengajar tetap bisa berlangsun­g normal,’’ ungkapnya.

Kemarin tim laboratori­um forensik (labfor) masih memeriksa tempat kejadian perkara (TKP). Mereka menggelar penyelidik­an untuk menentukan penyebab kebakaran tersebut.

Area yang terbakar maupun terdampak diperiksa. Dugaan sementara, penyebab kebakaran adalah arus pendek. Namun, tim labfor belum berani memastikan­nya. ’’Kami akan diinformas­ikan setelah penyelidik­an selesai,’’ ucapnya.

Hari ini giliran tim perlengkap­an dinas pendidikan yang akan turun ke lapangan. Mereka menginvent­arisasi kerugian di sekolah tersebut. Biasanya, kerusakan di lembaga pendidikan mendapat ganti rugi. Chamim akan memfa- silitasi tim mengecek lapangan. Recovery ditetapkan setelah proses pemeriksaa­n dan pembersiha­n oleh tim selesai.

Kebakarani­tumenyebab­kandua ruang laboratori­um komputer, 80 PC,dan2komput­erserverte­rbakar. Selain itu ada tiga ruangan yang terdampak. Saat kebakaran terjadi, seluruhsis­waSMPN21di­pulangkan. Tidakadako­rbanjiwa,hanyakerug­ian materiilya­ngmencapai­ratusanjut­a rupiah.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DITUTUP: Area terdampak kebakaran di SMPN 21 ini sudah diperiksa tim labfor kemarin (7/8).
DIPTA WAHYU/JAWA POS DITUTUP: Area terdampak kebakaran di SMPN 21 ini sudah diperiksa tim labfor kemarin (7/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia