Jawa Pos

Latih Perajin, Penuhi Pesanan Mancanegar­a

-

SURABAYA – Pemkot berencana memberikan pelatihan tambahan bagi perajin batik di Surabaya. Khususnya batik celup. Sebab, produk mereka diminati konsumen dari mancanegar­a.

Hal itu diungkapka­n Wali Kota Tri Rismaharin­i setelah berkunjung ke Liverpool beberapa waktu lalu. Dia menuturkan, beberapa produk asal Surabaya sudah dipamerkan di tempat tertentu. Misalnya, kafe bertema fashion. ”Waktu aku ke sana kemarin itu, produknya ibu-ibu dari sini semua,” ujar Risma ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin (7/8). Pada kesempatan itu, dia juga mengumpulk­an para perajin batik celup di Surabaya.

Batik celup menjadi salah satu yang paling diminati. Selain karena merupakan produk khas Indonesia, coraknya menarik bagi konsumen mancanegar­a. Biasanya corak disesuaika­n dengan musim yang berlangsun­g. Misalnya, ketika musim semi, corak bunga paling diminati. Ketika musim panas seperti saat ini, corak terang menjadi pilihan. ”Tahun ini yang lagi booming juga, semuanya bunga-bunga,” lanjutnya.

Tingginya minat tersebut dibarengi dengan permintaan pesanan yang semakin meningkat. Namun, konsumen di luar negeri harus bersabar. Sebab, batik celup harus dibuat dengan telaten dan butuh waktu lama jika dibandingk­an dengan batik cap. Selain itu, pengemasan­nya harus rapi agar ketika dibawa ke luar negeri, kondisi batik yang dipasarkan tetap baik, tidak kusut atau pudar.

Risma menjelaska­n, dinas terkait seperti dinas koperasi dan UMKM serta dinas kebudayaan dan pariwisata akan diminta untuk memberikan pelatihan khusus. ”Nanti diajari bikin desain, misalnya untuk kemeja,” jelasnya.

 ?? DITE SURENDRA / JAWA POS ?? PRODUK ANDALAN: Dian Iswarini (kiri) melihat batik celup di galeri UMKM Balai Kota Surabaya kemarin (7/8). Batik celup menjadi salah satu unggulan UMKM yang dibawa oleh Wali Kota Tri Rismaharin­i saat berkunjung ke Liverpool.
DITE SURENDRA / JAWA POS PRODUK ANDALAN: Dian Iswarini (kiri) melihat batik celup di galeri UMKM Balai Kota Surabaya kemarin (7/8). Batik celup menjadi salah satu unggulan UMKM yang dibawa oleh Wali Kota Tri Rismaharin­i saat berkunjung ke Liverpool.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia