Jawa Pos

Sudah Dinilai, Tunggu Hasil Akreditasi

-

SIDOARJO – Penilaian akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Delta sudah tuntas. Empat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) sudah selesai dinilai. Saat ini tinggal menunggu hasil penilaian untuk menentukan predikat.

Empat puskesmas yang telah diakredita­si pada awal bulan lalu adalah Sekardanga­n, Urangagung, Kedungsolo, dan Ganting. Sebelum penilaian, puskesmas mempersiap­kan diri dengan maksimal. Baik dari segi administra­si maupun kelengkapa­n fasilitas yang dimiliki.

Salah satu sarana kesehatan yang mempersiap­kan diri sejak dini adalah Puskesmas Sekardanga­n. ’’Kami telah berusaha maksimal,’’ kata Kepala Puskesmas Sekardanga­n dr Wilujeng Eka Ariswati. Sebelum penilaian dimulai, puskesmas juga melakukan pembenahan. Juga berusaha memenuhi standar yang ditentukan tim surveyor.

Bukan hanya sarana untuk kesehatan. Tapi juga fasilitas bagi warga yang menunggu proses pengobatan. Berupa tempat bermain bagi anak-anak hingga tempat khusus untuk membuang dahak bagi mereka yang batuk. Sekaligus mengoptima­lkan dukungan terhadap program ASI eksklusif.

Di Kota Delta, ada delapan puskesmas yang belum terakredit­asi. Empat di antara delapan puskesmas sudah dinilai. ’’Mungkin tiga bulan lagi hasilnya,’’ ucap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Sidoarjo dr Idong Djuanda kemarin (7/8).

Dia yakin keempat puskesmas bakal lolos dalam proses akreditasi tersebut. Namun, dia tidak dapat memastikan predikat yang bakal diperoleh tiap-tiap puskesmas. Yang pasti, semua puskesmas telah mempersiap­kan diri sejak lama. ’’Poin dalam penilaian semua sudah ada pada puskesmas,’’ ujarnya.

Bulan depan, imbuh Idong, proses akreditasi untuk empat puskesmas lainnya dilanjutka­n. Yakni, Barengkraj­an, Buduran, Gedangan, dan Kepadangan. Mereka akan mendapatka­n jatah penilaian pada tahap dua.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia