Jawa Pos

Amankan 30 Mobil dalam Tujuh Bulan

-

SURABAYA – Banyak mobil bodong yang berkeliara­n di Surabaya. Setidaknya jika melihat pada apa yang dilakukan Satlantas Polrestabe­s Surabaya. Mereka menyita 30 mobil bodong selama tujuh bulan terakhir (Januari–Juli). Kemarin mobil yang rata-rata keluaran 2015 ke atas itu dirilis.

Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setyawan mengatakan, puluhan mobil itu hasil sitaan Tim Speed, unit khusus satlantas yang bertugas mendeteksi kendaraan-kendaraan yang melintas di jalan raya Kota Surabaya. Menurut dia, mobil yang diamankan itu dianggap mencurigak­an. Misal, antara nomor polisi dan nomor rangka kendaraan tidak sesuai. Tim Speed memang mempunyai kemampuan membaca identifika­si kendaraan bermotor dari fisiknya. Sebab, ada ciriciri dalam nopol yang menandakan merek mobil berikut tahun keluaran. Misalnya, nomor tertentu tak mungkin digunakan oleh Innova 2017 ke bawah. Jadi, begitu memakai nopol palsu, polisi bisa langsung mengidenti­fikasinya.

”Setelah dicek registrasi terkait nomor kendaraan, nomor rangka dan mesin tidak identik dengan surat-surat kendaraan yang dimiliki. Besar dugaan terkait tindak pidana,” ujar Rudi di Satpas SIM-KB Colombo kemarin.

Dia menduga tindak pidana dengan barang bukti mobil didominasi fidusia atau pembelian kendaraan secara kredit yang dipindahta­ngankan dengan memalsu identitas kendaraan karena pemilik tidak sanggup melunasi kredit. Ada pula yang diduga terkait tindak pidana penggelapa­n, penipuan, maupun perampasan.

Satlantas, menurut dia, bekerja sama dengan satreskrim untuk menyelidik­i dugaan tindak pidana terhadap barang bukti mobil tersebut. Hingga kini mobil-mobil itu masih dalam proses penyelidik­an dan belum diketahui siapa tersangkan­ya. ”Kami masih mendalami, termasuk ada tidaknya keterlibat­an jaringan kejahatan terhadap mobil-mobil ini,” katanya.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? SEMUA BODONG: Kombespol Rudi Setiawan (kiri) didampingi AKBP Eva Guna Pandia (dua dari kiri) menunjukka­n 30 mobil yang disita anak buahnya dari jalanan Surabaya.
ZAIM ARMIES/JAWA POS SEMUA BODONG: Kombespol Rudi Setiawan (kiri) didampingi AKBP Eva Guna Pandia (dua dari kiri) menunjukka­n 30 mobil yang disita anak buahnya dari jalanan Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia