Jawa Pos

Dua Minggu sebelum Persalinan, Turun Gunung Ditandu Sarung

Dusun Bunten, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, masuk daerah terisolasi. Namun, Rabu (3/7) terjadi momen penting di sana.

-

DWI SETIYAWAN, Bojonegoro, Jawa Pos

DUSUN Bunten adalah potret perkampung­an di lereng pegunungan Kendeng yang sarat dengan keterbatas­an. Dusun tersebut merupakan salah satu wilayah terluar Bojonegoro.

Posisinya di tenggara Kota Jati. Di sebelah timur dusun itu adalah Desa Pojok, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Baratnya terdapat Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Nganjuk, dan di utara ada Desa/Kecamatan Sukorame. Selanjutny­a, sebelah selatan merupakan gugusan pegunungan Kendeng yang membentang dari timur ke barat.

Satu-satunya akses menuju

perkampung­an di tengah hutan jati tersebut adalah jalan setapak. Lebarnya tak lebih dari 1 meter. Sepanjang musim hujan, jalan bertanah liat tersebut berubah menjadi kubangan.

Jawa Pos Radar Bojonegoro yang menembus dusun tersebut dengan motor trail Sabtu (20/7) melihat tanda-tanda bergeliatn­ya kampung yang dihuni 97 kepala keluarga (KK) itu. TNI telah membuka akses Bunten dengan mengerahka­n alat berat.

Deru mesin yang mengepras tebing-tebing untuk memperleba­r jalan memecah kesunyian dusun yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat pemerintah­an desa tersebut. Sejumlah sisi jurang yang bersebelah­an dengan jalan diuruk. Begitu juga jalan yang melintasi hutan dan tegalan. Seluruhnya dilebarkan.

Sebuah jembatan kayu yang melintasi Kali Mati dan hanya bisa dilalui pejalan kaki, penggembal­a, serta kendaraan roda dua dibongkar. Di bekas reruntuhan itu dibangun jembatan permanen. Setelah akses dibuka, Bunten diharapkan bisa mengejar ketertingg­alannya. Itulah misi utama TMMD.

Jamin, kepala dusun (Kasun) setempat, menuturkan, karena terisolasi dan sulit dijangkau, Bunten jauh dari hiruk-pikuk pembanguna­n. Masyarakat­nya terbelakan­g karena sarat dengan keterbatas­an.

Dia mengungkap­kan, ibu hamil (bumil) di Bunten harus turun gunung sekitar dua minggu sebelum persalinan. Karena tak bisa dilalui mobil, untuk keluar Bunten, mereka harus ditandu dengan sarung.

Setelah berada di desa maupun kota kecamatan, bumil tinggal di rumah kerabatnya. Tujuannya, memudahkan mereka menuju tempat pelayanan kesehatan terdekat jika sewaktu-waktu melahirkan. Hal yang sama berlaku untuk warga yang sakit.

Karena membuka akses ke Bunten cukup mahal, Bupati Bojonegoro Suyoto (2009–2019) berkali-kali menawarkan bedol deso atau pemindahan seluruh warga setempat ke kampung Sumengko, dusun di luar kawasan hutan. ’’Warga tak pernah mau dengan tawaran itu,’’ kata Anas Iswanto, Kaur pemerintah­an desa setempat.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto menerangka­n, TMMD yang menurunkan 150 personel TNI merupakan wujud kemanungga­lan TNI dan rakyat. Dia berharap operasi bakti TNI di Tondomulo mampu meningkatk­an daya saing masyarakat setempat yang tertinggal dari daerah lain.

 ?? JAWA POS RADAR BOJONEGORO ?? KOMPAK: TNI dan masyarakat membangun jembatan di atas Kali Mati, salah satu akses menuju Dusun Bunten, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro.
JAWA POS RADAR BOJONEGORO KOMPAK: TNI dan masyarakat membangun jembatan di atas Kali Mati, salah satu akses menuju Dusun Bunten, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia