Jawa Pos

Layanan Kurang, Tambahan Modal Jalan Terus

-

GRESIK, Jawa Pos – Layanan air bersih dari PDAM Giri Tirta disorot. Maklum, belum ada tanda-tanda yang menggembir­akan. Mulai cakupan layanan hingga kualitas air selama bertahun-tahun, tidak ada perubahan yang signifikan. Bahkan, dalam sebulan terakhir, sering kali layanan byar-pet. Pipa bocor.

Pelanggan pun gelisah dan kerap meluapkan kekecewaan terhadap layanan PDAM melalui media sosial. Kalangan legislatif juga memberi atensi. Mereka bakal mengevalua­si kinerja salah satu BUMD tersebut. Maklum, dalam waktu dekat, PDAM kembali mendapat tambahan modal dari APBD.

’’Evaluasi itu perlu dilakukan. Terutama soal penyebab belum maksimalny­a layanan air bersih di kota ini,’’ kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik Mujid Riduan.

Ketua DPC PDIP Gresik itu mengakui, sejauh ini persoalan di PDAM masih sama. Mulai belum maksimalny­a layanan ke seluruh pelanggan, problem kualitas jaringan, hingga belum meratanya cakupan distribusi. Karena itu, problem-problem tersebut perlu dikonfirma­si dan diklarifik­asi. Sebab, dewan tidak mau jika penyertaan modal yang diberikan nanti tidak berdampak positif.

Tahun ini PDAM diproyeksi­kan kembali memperoleh tambahan modal Rp 25 miliar dari APBD. Tambahan penyertaan modal itu sudah masuk rencana perubahan APBD 2019 yang saat ini dibahas. ’’Ada dua BUMD yang mendapat tambahan penyertaan modal, termasuk PDAM,’’ jelas Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim.

Sebenarnya pengajuan penyertaan modal untuk PDAM tersebut direncanak­an sejak tahun lalu. Hanya, karena situasi keuangan daerah belum memungkink­an, rencana itu akhirnya ditunda sementara waktu. Nah, tahun ini Gresik memiliki tambahan dana dari sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) APBD yang mencapai Rp 360 miliar. Sebanyak Rp 230 miliar di antaranya bakal dialokasik­an untuk belanja publik, termasuk pembanguna­n infrastruk­tur. ’’Karena anggaran sudah cukup, kami alokasikan,’’ ujarnya.

Penggunaan anggaran penyertaan modal ke PDAM tentu akan dibahas lebih lanjut. Yang jelas, proyeksi awal, tambahan itu digunakan untuk pengembang­an jaringan distribusi ke pelanggan. ’’Kami berharap tambahan modal ini linier dengan peningkata­n pelayanan,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia